Follow Us

Kenali Bahaya FOMO Phobia

Gitarama - Kamis, 28 November 2013 | 11:42
Kenali Bahaya FOMO Phobia
Gitarama

Kenali Bahaya FOMO Phobia

Perkembangan teknologi sedikit banyak mengubah perilaku manusia. Salah satunya bagaimana kita bereaksi pada media sosial dan gadget. Ngaku deh, pas pertama bangun tidur pasti banyak diantara kita yang langsung ngecek handphone!

Enggak tenang sebelum mengetahui apa yang terjadi dan teman-teman bicarakan di media sosial, bahkan kita sampai mengeceknya setiap menit? Terus-terusan memantau handphone buat menunggu notification dan meng-update semua kegiatan kita ke berbagai media sosial? Hmmm, kayaknya kita mengalami Fear of Missing Out atau yang lebih dikenal dengan sebutan FOMO.

Salah satu bentuk fobia ini merupakan ketakutan berlebihan akan ketinggalan informasi dan hal-hal yang terjadi di dunia maya. Seorang penderita FOMO sendiri biasa mengecek media sosial mereka setiap 30 detik sampai lima menit sekali dalam sehari. Penelitian dari Melbourne's Victoria University menunjukkan, masalah ini kebanyakan dialami sama cewek dan cowok berumur 16 sampai 35 tahun.

Selagi mengecek media sosial,penderita FOMO biasanya memiliki ketakutan bakal menyesal sebelum melihat berbagai pos dari teman-temannya. Menurut penelitian dari Duke University-Amrik, kita yang menderita FOMO merasakan hal itu karena enggak mau melihat kehidupan orang lain yang lebih baik dari kita. Kita bakal merasa ragu sama diri sendiri dan merasa hidup kita enggak seasyik orang lain.

Lebih parahnya lagi, kita merasa enggak diinginkan dan depresi. Kita jadi takut untuk memutuskan segala tindakan yang bakal kita lakukan ke depannya. Perasaan kayak tadi muncul, karena pikiran kita didominasi oleh kehidupan orang lain. Kita jadi enggak bisa memanfaatkan waktu kita sendiri dengan maksimal.

Apakah lo termasuk FOMO Phobia?

Sumber: Kawanku

Editor : Gitarama

Baca Lainnya

Latest