Follow Us

5 Kebiasaaan Ini Bisa Memperburuk Kecemasan Kamu

Dimas Yulian - Selasa, 04 Oktober 2016 | 04:00
Ilustrasi Rasa Cemas
Dimas Yulian

Ilustrasi Rasa Cemas

Kamu sering merasa cemas? Mulai sekarang sebaiknya pahami deh kebiasaaan dan gaya hidup yang tanpa disadari justru bisa bikin kamu cemas. Tanpa disadari, kebiasaan tersebut justru bisa bikin rasa cemas jadi makin parah.

Seperti dikutip dari situs Kompas.com, berikut lima kebiasaan yang bisa memperparah kecemasan kamu:

Begadang

Banyak orang yang menderita kecemasan justru malah menghindari tidur. Padahal, tidur adalah salah satu alat yang paling signifikan untuk mengatasi stress. Jadi kalo kamu malah begadang, bisa jadi kamu malah justru bisa mengalami cemas yang berlebih hingga stress.

Melewatkan Makan

Hayo kamu orang yang suka ngelewatin waktu makan nggak? Melewatkan waktu makan adalah hal terburuk bagi tubuh dan otak kamu. Karena kelaparan juga bisa jadi salah satu sumber stres bagi tubuh.

Kalo kamu melewatkan makan atau menahan lapar dalam waktu lama, itu bisa mengakibatkan gula darah menurun yang pada akhirnya bisa menyebabkan kecemasan.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Kopi

Kafein cenderung bisa meningkatkan detak jantung dan bikin kamu merasa gelisah , hingga membuat kamu rentan sama kecemasan. Efek yang ditimbulkan antara lain telapak tangan yang berkeringat, dering telinga, hingga jantung yang berdenyut cepat.

Nggak Berolahraga

Ketika kamu berolahraga, tubuh bakal melepaskan bahan kimia yang membantu otak dan tubuh merasa lebih baik dan membantu menjaga kecemasan tidak berlarut-larut.

Mengurung Diri

Kecemasan bisa bikin kamu menghabiskan waktu sendiri. Hal ini bukanlah solusi yang baik. Memilki hubungan dekat adalah kunci buat mengurangi kecemasan.

Karena itu disarankan ketika mengalami kecemasan, kamu jangan mengisolasi dan mengurung diri, melainkan mencari keramaian, sehingga kecemasan dapat pergi secara perlahan.

Source : kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest