Follow Us

3 Tempat Ini Ternyata Sarang Bakteri, Hati-hati Kalo Mampir!

- Rabu, 01 Maret 2017 | 06:30
Ilustrasi bakteri
Hai Online

Ilustrasi bakteri

Kalo lihat kubangan air, becekan, atau air selokan dengan warna yang keruh, yang terlintas di pikiran kita adalah banyaknya bakteri dan kotoran di sana. Begitu juga dengan pojokan yang berdebu, pasti di sana sarangnya kecoa dan tikus untuk bikin keluarga. Tempat-tempat itu pasti banget sarang bakteri!

Eits, ternyata bukan cuma itu. Ada tempat yang nggak terduga lainnya yang jadi kerajaan bakteri. Mau tau? Ini dia 3 tempat yang nggak pernah kita sangka ternyata sarang berkumpulnya bakteri!

Tempat Terendah

Tempat terendah di dunia terletak di sebelah timur Filipina dan utara dari New Guinea jadi salah satu kerajaan bakteri. Peneliti dari Mariana Trench udah mengukur area tersebut dengan kedalaman laut sekitar 11 ribu meter dan menemukan bakteri heterotrofik yang bisa mempertahankan diri di dalam potongan-potongan kecil senyawa organik yang jatuh dari atas.

Ilustrasi bakteri
Wilayah Dingin

Saat kita masuk ke dalam area permainan dingin atau salju seperti ice skating dan tempat dingin lainnya, termasuk Antartika, maka di sanalah tempat bersarangnya bakteri yang nggak terlihat. Di Antartika, diperkirakan es tertua di bumi itu terbungkus oleh populsi sel mikroba lebih dari 10 ribu kali. Hal ini juga berlaku pada lemari es. Semua ruangan dingin memperlambat proses kimia alami sehingga berpotensi melahirkan populasi bakteri terbesar dalam waktu panjang.

Bola Mata

Nggak nyangka kan, ternyata bagian tubuh kita sendiri juga menjadi sarang bakteri? Salah satu yang menyimpan sumber bakteri yaitu bola mata. Pada bola mata, tepatnya di membran lendir . bersarang rumah bakteri jahat yang dikenal dengan Chlamydia trachomatis dan gonorrheaehas neisseria. Walaupun air mata punya tugas untuk membersihkan seluruh bola mata, tapi ketika mata terkena infeksi maka bakteri ini akan membahayakan kita. (Mery/Alvin)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest