Follow Us

Asisten dengan Kecerdasan Buatan Ini Jadi Yang Pertama Dikirim ke Luar Angkasa

Ricky Nugraha - Senin, 02 Juli 2018 | 10:15
 Asisten dengan Kecerdasan Buatan Ini Jadi Yang Pertama Dikirim ke Luar Angkasa
airbus.com

HAI-online.com - Perusahaan aeronautika Airbus telah berhasil meluncurkan asisten dengan kecerdasan buatan (AI) pertama bernama CIMON ke luar angkasa.

Sistem kecerdasan buatan ini adalah yang pertama ditempatkan di International Space Station (ISS) dan diberi daya oleh superkomputer Watson buatan IBM dan diawasi oleh German Aerospace Center (DLR) yang bekerjasama dengan Airbus.

CIMON sendiri adalah kependekan dari “Crew Interactive Mobile CompanioN” dan merupakan sebuah sistem seluler dan otonom yang dirancang untuk membantu astronot dengan tugas sehari-hari di ISS.

CIMON dibuat menggunakan 3D printing yang terbuat dari plastik dan besi, dengan diameter sekitar 35 cm dan berat sekitar 5 kg.

BACA JUGA: Astronot Ini Main Saksofon di Luar Angkasa Buat Ngisi Waktu Luang

"Kami adalah perusahaan pertama di Eropa yang membawa "otak terbang" ini ke ISS untuk mengembangkan kecerdasan buatan bagi awak di atas stasiun luar angkasa," kata Manfred Jaumann dari Airbus.

Dengan CIMON, para anggota kru dapat melakukan lebih dari sekadar bekerja melalui pengamatan skematis dari daftar periksa dan prosedur yang ditentukan; mereka pun juga bisa terlibat dengan asisten mereka.”

Kalo pengen tau lebih lanjut, coba deh langsung cek ke website mereka di airbus.com.

airbus.com

Source : Hypebeast

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest