Inilah Cara Bagaimana Ilmuwan Menamai Dinosaurus Temuan Mereka

By Loretta Novelia Putri, Rabu, 21 November 2018 | 13:10 WIB
ilustrasi dinosaurus (para827)

Nationalgeographic.co.id - Hampir setiap tahun manusia menemukan fosil baru dari dinosaurus. Pada setiap temuan, para ilmuwan akan memberikan nama baru untuk fosil yang ditemukan. Contohnya, temuan dinosaurus terbaru yang diberi nama Lingwulong shenqi dan Caihong juji.

Nama tersebut memang asing terdengar di telinga. Bukan tanpa alasan, nama yang kita dengar memang menggunakan bahasa Mandarin. Tidak seperti dinosaurus yang telah ditemukan sebelumnya yaitu Tyrannosaurus rex atau Stegosaurus.

Baca Juga : Ribuan Orangtua Gunakan Teknologi untuk Memata-matai Anaknya

Lantas, bagaimana ilmuwan menamai dinosaurus yang mereka temukan? Mark Norell, seorang paleontolog yang mempelajari fosil di Museum Sejarah Alam Amerika mengatakan bahwa dinosaurus diberi nama berdasarkan nama penemunya.

"Orang pertama yang mendeskripsikan dinosaurus baru, hewan, tumbuhan, atau spesies jamur bisa menamai seperti yang mereka inginkan," ucap Norell dilansir dari Kompas.com.

Tidak hanya itu saja, nama dinosaurus juga harus sesuai dengan Kode Internasional Nomenklatur Zoologi yaitu seperangkat aturan umum yang mengatur nama ilmiah untuk semua organisme, walaupun tidak memiliki peraturan mengenai seperti apa nama mereka.

Dinosaurus juga sering dinamai mengikuti penampilan atau karakteristiknya, tetapi terkadang dapat berdasarkan tempat atau binatang legenda tersebut berada.

Pada awal-awal penemuan dinosaurus, digunakan akar Yunani dan Latin untuk menggambarkan bentuk dinosaurus dengan jelas oleh ilmuwan Amerika dan Eropa. Lalu pada tahun 1841, Sir Richard Owen seorang ahli biologi dan paleontolog Inggris menggunakan istilah dinosaurus untuk menggambarkan reptil yang sudah punah.

Nama tersebut berasal dari kata Yunani, yaitu deinos yang mempunyai arti mengerikan dan sauors yang berarti kadal.

Namun saat ini, nama-nama dinosaurus yang ditemukan jauh lebih beragam semenjak semakin banyaknya penggalian yang terjadi di seluruh dunia. Bahkan beberapa dari mereka menggunakan nama yang berasal dari bahasa lokal untuk mewakili tempat mereka ditemukan.

Baca Juga : (Video) Nahas, Paus Sperma Mati dengan Berbagai Sampah di Dalam Perut

Contohnya, pada tahun 2004, saat Norell menggali, ia menemukan dinosaurus kecil di Tiongkok Utara. Kemudian ia memberi nama fosil yang ditemukan dalam pose tidur tersebut dengan Mei Long, yang berarti naga yang tidur nyenyak.

Saat ini spesies baru dinosaurus hampir ditemukan setiap harinya. Terdapat sekitar 1.200 fosil yang sudah ditemukan. Sekitar 50 dinosaurus baru diberi nama setiap tahunnya.