Macan Tutul Menewaskan Biksu Buddha yang Sedang Meditasi di Hutan

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 14 Desember 2018 | 17:29 WIB
Macan tutul. (lightstock/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Seorang biksu Buddha yang sedang bermeditasi di hutan India tewas dibunuh oleh macan tutul yang berkeliaran.

Rahul Walke sedang duduk diam di bawah pohon di hutan Tadoba, di negara bagian Maharashtra, India, ketika diserang. Hutan tersebut memang menjadi cagar alam hewan-hewan liar.

Baca Juga : Terungkap, Alasan di Balik Punahnya Hiu Purba Raksasa Megalodon

Biasanya, Rahul tinggal di kuil Buddha di dekat sana. Namun, karena ingin meditasi, ia berjalan ke hutan yang lebih tenang. Penjaga hutan mengatakan, ia telah mengingatkan sang biksu agar tidak berjalan terlalu jauh ke dalam hutan.

"Saya selalu bilang kepada orang-orang agar tidak masuk ke dalam hutan," ujar GP Narawane, penjaga hutan.

"Namun, bagaimana pun juga, ini sudah terjadi. Sekarang kami berencana menangkap macan tutul tersebut," imbuhnya.

Pemerintah negara bagian mengatakan mereka telah memberikan dana bantuan kepada keluarga Rahul sebesar 1,2 juta rupee.

Baca Juga : Menjaga Keberlangsungan Penyu di Kepulauan Seribu

Seorang biksu yang berasal dari kuil yang sama, mengatakan bahwa dia sempat melihat macan tutul tersebut menyerang Rahul ketika dia sedang mengunjungi tempat meditasi untuk memberinya sarapan.

Melihat Rahul dalam keadaan bahaya, ia pergi mencari bantuan. Namun, ketika kembali dengan banyak orang, Rahul ditemukan sudah meninggal.

Diketahui bahwa hutan Tadoba menjadi rumah bagi 88 harimau. Selain itu, ia juga merupakan tempat tinggal beragam hewan lainnya, termasuk macan tutul.