Sering Lupa Melepas Lensa Kontak Saat Tidur? Ini Bahaya di Baliknya

By National Geographic Indonesia, Kamis, 20 Desember 2018 | 14:12 WIB
Lensa kontak. (AndreyPopov/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Bagi yang tidak suka memakai kacamata untuk mengoreksi penglihatan mereka, lensa kontak bisa menjadi pilihan. Sayangnya, hampir 99 persen pengguna lensa kontak belum menerapkan kebiasaan higienis.

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan pengguna lensa kontak adalah tidur tanpa melepas lensa kontak. Dalam survei di Amerika, sekitar 50-87 persen orang masih melakukannya.

Baca Juga : Apa yang Terjadi Pada Tubuh Saat Mengalami Keracunan Makanan?

Melepaskan lensa kontak lalu membersihkan dan menyimpannya di cairan khusus sebelum tidur memang terasa merepotkan. Namun, kebiasaan tidur dengan masih memakai lensa kontak harus dihilangkan karena menimbulkan bahaya. 

Tidur dengan lensa kontak, meski hanya sebentar seperti tidur siang, bisa menyebabkan abrasi mikro (sayatan kecil) di mata. Ini seperti membuka jalan bagi bakteri untuk masuk ke kornea dan menyebabkan infeksi. Dampak paling berbahaya dari infeksi tersebut adalah kebutaan.

Baca Juga : Ingin Lebih Sehat? Lakukan 5 Kegiatan Sederhana Ini pada Pagi Hari

Tidur tanpa melepaskan lensa kontak juga bisa mengurangi sensasi di kornea. Akibatnya, kita tidak langsung merasakan infeksi sehingga penanganannya bisa terlambat.

Selain itu jaringan mata sangat membutuhkan oksigen agar penglihatan tetap tajam. Kekurangan oksigen, pada kasus yang ekstrem, juga bisa menyebabkan terbentuknya pembuluh darah kecil di kornea dan lama kelamaan menghalangi penglihatan.