Fosil Rusa Prasejarah Ditemukan dalam Keadaan Hampir Lengkap

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 9 Januari 2019 | 13:00 WIB
Fosil rusa prasejarah yang ditemukan. (Museo Paleontologico/AFP )

Nationalgeographic.co.id - Fosil rusa prasejarah yang ditemukan tepat di sebelah utara Buenos Aires, terpelihara dengan baik dan dalam keadaan hampir lengkap, papar peneliti dari La Matanza University.

Fosil yang usianya belum diketahui ini memiliki 70% bagian rusa. Meliputi tulang belakang, kaki dan tangan, serta giginya.

Baca Juga : Permintaan Gading Meningkat, 'Demam Mammoth' Menyerang Siberia

Penemuan ini datang dari situs yang sama di mana 24 fosil mamalia dan reptil ditemukan selama 17 tahun terakhir.

"Sungguh menakjubkan melihat bagaimana tulang belakang dan lehernya berada pada posisi yang sama seperti saat hidup," kata Jose Luis Aguilar, Direktur Paleontological Museum of San Pendro, di utara provinsi Buenos Aires.

Selain satu set gigi dan tulang belakang yang hampir lengkap, fosil yang ditemukan juga terdiri dari 20 potongan tulang rusuk, tulang panggul, kaki belakang, dan bagian tulang paha.

Baca Juga : Memiliki Rahang Besar dan Gigi Tajam, Seberapa Kuat Gigitan T-Rex?

Berat fosil spesies rusa yang berasal dari genus Moerenelaphus ini, kira-kira mencapai 200 kilogram.

"Hewan kecil ini hadir untuk memberi perincian kepada kita bahwa lingkungan prasejarah tempat mereka tinggal, sangat berbeda dengan sekarang," jelas Aguilar.

Penelitian selanjutnya akan dilakukan untuk menentukan usia fosil. Saat ini, diperkirakan rusa Morenelaphus berasal dari zaman Pleistosen yang berlangsung dari 2,5 juta tahun lalu hingga 12 ribu tahun lalu.