Benarkah Kebiasaan Jalan Kaki Bisa Mengurangi Lemak di Perut?

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 16 Januari 2019 | 09:32 WIB
Ilustrasi. (spukkato/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Jalan kaki diketahui cukup bagus untuk menurunkan berat badan. Namun, apakah ia juga dapat membantu meluruhkan lemak di perut?

Dilansir dari Kompas.com, Jim White, ahli kebugaran bersertifikat sekaligus pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios, mengatakan, bahwa jalan kaki juga dianggap seperti olahraga sehingga bagus untuk menghilangkan lemak perut. 

Baca Juga : Bukan Perokok Tapi Terkena Kanker Paru? Tiga Faktor Ini Penyebabnya

Meski begitu, ada hasil yang berbeda. Olahraga yang intens tetap lebih ampuh untuk mengurangi lemak perut dibanding jalan kaki. 

Lemak perut sendiri sangat bandel dan sulit dihilangkan. Oleh sebab itu, perlu strategi khusus untuk bisa mengurangi lemak di area tersebut.

Kardio diketahui dapat membantu membakar kalori tubuh dan menurunkan berat badan secara keseluruhan. Jim merekomendasikan setidaknya kardio 300 menit per minggunya untuk bisa melihat hasil terhadap lemak perut.

Bagi orang-orang yang sudah aktif, Jim merekomendasikan lari atau naik tangga. Sebab, jalan kaki biasa mungkin belum bisa meningkatkan denyut jantung mereka.

Namun, bagi mereka yang tidak aktif atau baru ingin mulai menurunkan berat badan, jalan kaki bisa menjadi olahraga yang tepat.

Baca Juga : Hipertensi? Kendalikan Saja dengan Beberapa Cara Bukan Medis Berikut

"Kesimpulannya, menghilangkan lemak perut dan menjaga berat badan ditentukan oleh kalori yang dikeluarkan dan kalori yang dikonsumsi," papar Jim. 

Asupan kalori bergantung pada usia, berat badan, tinggi badan, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik.