Indonesia Ungguli India, Singapura Hingga Dubai Sebagai Negara Paling Instagramable

By Gregorius Bhisma Adinaya, Rabu, 23 Januari 2019 | 10:00 WIB
Ijen, Jawa Timur, Indonesia. (Jorge Pique Martinez/National Geographic Your Shot)

Nationalgeographic.co.id - Instagram, media sosial berbagai foto dan video seakan memberikan arti tersendiri dalam kehidupan. Kata Instagramable bahkan menjadi kata yang populer di seluruh dunia, terutama dalam konteks foto dan video.

Hampir setiap orang saat ini tidak terlewat untuk mengambil foto diri di sebuah lokasi yang indah dan layak dipamerkan dalam Instagram. Ratusan, hingga ribuan hati atau like seakan menjadi tolok ukur bagus tidaknya sebuah unggahan.

Terkait dengan fenomena Instagramable ini, situs berita Big 7 Travel pun merangkum 10 tujuan wisata paling Instagramable.

Baca Juga : Membuat Paspor 'Online', Proses Antre Bisa Dilakukan Melalui Aplikasi

Hal yang mengejutkan dari daftar ini adalah, Indonesia berhasil masuk ke dalamnya. Bahkan menempati posisi ke-4 dan mengungguli sejumlah negara yang juga memiliki keindahan tersendiri, seperti India, Singapura, hingga Dubai.

Penilaian ini didasari dari daya tarik visual, popularitas dalam Instagram, dan setidaknya ada tujuh tempat yang layak dijadikan sebagai tempat untuk pengambilan gambar. Tidak hanya pemandangan alam, pemandangan kota, bahkan wisata kuliner.

Berikut ini adalah 10 negara di dunia dengan predikat paling Instagramable menurut Big 7 Travel:

  1. Australia (89,98%)
  2. Hongkong (86,99%)
  3. Kanada (82,84%)
  4. Indonesia (81,10%)
  5. Afrika Selatan (80,94%)
  6. Maladewa (80,23%)
  7. India (80%)
  8. Amerika Serikat (79,97%)
  9. Dubai, Uni Emirat Arab (79,92%)
  10. Singapura (79,45%)

Dari survei yang dilakukan oleh Big 7 Travel, terungkap bahwa 67% peserta pernah mengunjungi tujuan wisata tadi karena melihat tempat tersebut dari Instagram.

Tidak hanya itu, 61% peserta juga mengaku pernah memesan tempat penginapan secara spesifik hanya karena melihatnya lebih dahulu di Instagram. Sementara itu, 33% peserta survei menggunakan Instagram sebagai tempat mencari reverensi liburan.

Baca Juga : Kutub Magnet Bumi Bergeser, Dampaknya Bisa Pengaruhi GPS di Ponsel