Laut Dunia Semakin Menghangat, Gelombang Kuat Ancam Warga Pesisir

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 24 Januari 2019 | 12:04 WIB
Ilustrasi gelombang laut yang kuat. (andrej67/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Menurut para ilmuwan di University of California, laut dunia yang semakin menghangat berkontribusi langsung kepada peningkatan energi ombak.

Studi yang dipublikasikan pada jurnal Nature Communications, mencatat bahwa masyarakat yang tinggal di daerah pesisir akan sangat terpengaruh oleh hal ini. Terutama karena kenaikan permukaan air laut meningkatkan frekuensi dan intensitas badai.

"Untuk pertama kalinya, kami berhasil mengidentifikasi efek pemanasan global pada iklim gelombang. Faktanya, kekuatan gelombang telah meningkat sebanyak 0,4% sejak 1948 dan ini berkaitan dengan kenaikan suhu laut di seluruh laut dunia," papar Borja G. Reguero, peneliti di Institute of Marine Sciences, University of California.

Baca Juga : Hujan Terus Mengguyur, Kenali Beberapa Tanda dan Jenis Tanah Longsor

Untuk mendapat hasil tersebut, tim peneliti menganalisis energi yang ditransmisikan dari angin dan mengubahnya menjadi gerakan gelombang atau biasa disebut 'kekuatan gelombang'.

Mereka menemukan bahwa ketika permukaan laut menghangat, energi yang tersimpan dalam gelombang mengalami peningkatan. Dan karena suhu permukaan laut memengaruhi pola angin di dunia, maka itu menjadi siklus mengerikan yang membuat ombak semakin kuat.

"Studi ini menunjukkan bagaimana kekuatan gelombang berpotensi menjadi indikator pemanasan global. Mirip dengan konsentrasi karbon dioksida, kenaikan permukaan laut dan suhu di dunia," kata Inigo J. Losada, wakil pemimpin penelitian.

Beberapa studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa perubahan iklim mengubah laut dunia secara dramatis. Mulai dari memperlambat arus hingga meningkatkan keasaman laut yang menghancurkan cangkang siput laut.

Baca Juga : Akibat Perubahan Iklim, Korea Selatan Justru Bisa Panen Pisang

Laporan terbaru yang dipublikasikan pada Science juga menemukan bahwa laut dunia memanas dalam waktu yang sangat cepat. Menambah curah hujan, meningkatkan kenaikan permukaan laut, merusak terumbu karang, dan membuat lapisan es dan gletser mencair.

Ketika berbicara tentang energi gelombang, para peneliti kembali memperingatkan warga pesisir yang terancam banjir. Memahami bahaya gelombang yang semakin kuat ini dapat membantu melindungi mereka dari bencana yang akan datang.