Sarcastic Fringehead, Hewan Laut 'Paling Jelek' dalam Literatur Ilmiah

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 30 Januari 2019 | 08:30 WIB
Sarcastic Fringehead. (Wikistudent348/Wikimedia/CC BY-SA 4.0)

Nationalgeographic.co.id - Dengan mata cokelatnya yang kusam dan bentuk mulutnya yang aneh, Sarcastic Fringehead (Neoclinus blanchardi) dianggap sebagai hewan paling jelek dalam literatur ilmiah, menurut para peneliti.

Namun, jika Anda melihat lebih dekat, hewan yang terkenal pemarah ini akan mengungkap beberapa kejutan.

Baca Juga : Meski Masih Dalam Telur, Bayi Sotong Mampu Lindungi Dirinya dari Musuh

Sarcastic Fringehead hidup di perairan Pasifik, di lepas pantai Amerika Utara hingga San Fransisco, AS, dan Baja California. Mereka merupakan predator yang jago menyamar. Oleh sebab itu, Sarcastic Fringehead sering berada di balik lubang persembunyian untuk mengintai mangsanya.

Hewan ini secara agresif menargetkan apa pun yang ada di dekatnya–termasuk para penyelam. Beberapa studi mengatakan, setelah menangkap mangsa, Sarcastic Fringehead tidak akan melepaskannya lagi.

Ketika ada dua Sarcastic Fringehead yang bersaing untuk mendapatkan mangsa, mereka akan membentangkan mulut besarnya yang berwarna-warni. Mengejutkan serta memberi ancaman kepada satu sama lain.

Baca Juga : Kecoak Madagaskar dan Kemampuan Menumbuhkan Testis Sesuai Kebutuhkan

Jika tidak ada yang mengalah dan mengatupkan mulutnya terlebih dahulu, akan terjadi pertempuran. Mereka saling mendorong dengan mulutnya untuk menentukan siapa yang paling kuat.

Anda dapat melihat aksi mereka dalam video ini:

Tesis dari Watcharapong Hongjamrassilp, ahli biologi kelautan, menyatakan bahwa mereka menggunakan warna-warni mulutnya untuk berkomunikasi satu sama lain.

Meski begitu, dilihat dari konteks ukurannya, Sarcastic Fringehead sebenarnya tidak seseram yang dibicarakan. Sebab, mulutnya hanya memiliki lebar 30 sentimeter.