Benarkah dengan Menemukan Ikigai, Hidup Jadi Lebih Bermakna?

By Gita Laras Widyaningrum, Minggu, 3 Februari 2019 | 09:00 WIB
Ikigai membantu penduduk Jepang berumur panjang. (mykeyruna/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Apa alasan Anda bangun tidur di pagi hari? Jika belum menemukan jawabannya, konsep ikigai dari Jepang mungkin bisa membantu.

Ikigai merupakan kombinasi dari kata ikiru yang berarti "untuk hidup", dan kai yang bermakna "realisasi harapan seseorang".

Jika digabungkan, kedua kata itu membentuk konsep "alasan untuk hidup" atau "memiliki tujuan dalam hidup". Ya, banyak orang menjadikan ikigai sebagai cara untuk hidup lebih baik dan berumur panjang.

Baca Juga : Sering Merasa Cemas Memikirkan Keuangan? Ini yang Harus Dilakukan

Menemukan ikigai

 Untuk menemukan ikigai, para ahli merekomendasikan kita untuk memberi empat pertanyaan ini kepada diri sendiri:

Menemukan jawaban dan keseimbangan dari empat hal di atas bisa membantu menemukan ikigai dengan cepat, terutama untuk orang Barat. Namun, bagi warga Jepang sendiri, ikigai merupakan suatu hal yang memerlukan proses tidak sebentar. Mereka juga menganggap ikigai tidak selalu berkaitan dengan pekerjaan dan penghasilan.

Berdasarkan survei pada 2000 warga Jepang di tahun 2010, hanya 31% partisipan yang menghubungkan pekerjaan sebagai ikigai atau tujuan hidup mereka.

Beberapa peneliti mengatakan, ikigai bisa berubah seiring perkembangan usia. Seseorang yang menjadikan karier sebagai tujuan hidup, akan mencapai kepuasannya saat pensiun nanti. Selanjutnya, ia akan mencari ikigai baru.

Baca Juga : Mengintip Makam Terbaru Raja Tutankhamun Setelah Selesai Direnovasi

Lebih bahagia dan panjang umur

Gordon Matthews, profesor antropologi di Chinese University of Hong Kong sekaligus pengarang buku What Makes Life worth Living?, mengatakan, ikigai bisa membuat hidup seseorang menjadi lebih bermakna. "Sebab, kita selalu memiliki sesuatu yang ingin diperjuangkan," ujarnya.

Menurut Dan Buettner, peneliti di Blue Zone–sebuah wilayah dengan penduduknya yang berumur panjang–ikigai merupakan konsep yang dianut oleh para penduduk di sana.

Dikombinasikan dengan diet tertentu dan dukungan dari orang sekitar, ikigai membantu orang-orang hidup lebih lama. Di Okinawa, ikigai memberikan penduduknya tujuan hidup sehingga mereka berumur panjang (usianya bisa mencapai lebih dari 100 tahun).