Habitatnya Terganggu, Kawanan Gajah Liar Serang Permukiman Warga

By Nathania Kinanti, Sabtu, 16 Februari 2019 | 08:35 WIB
Rumah warga yang hancur akibat serangan gajah liar di Simpang Keramat, Aceh Utara. (Dok. Istimewa via Kompas.com)

Nationalgeographic.co.id - Setelah sebelumya sempat terjadi di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, kini serangan gajah liar kembali terjadi di Simpang Keramat, Kabupaten Aceh Utara.

Baca Juga : Memiliki Kepintaran, Lebah Mampu Memahami Soal Matematika Dasar

Sekitar 12 gajah terlihat memasuki permukiman warga serta menerobos ke perkebunan milik petani sekitar. Serangan ini menyebabkan satu rumah milik warga dan puluhan hektar perkebunan hancur.

Penyebab peristiwa ini diduga karena dibukanya lahan sawit baru di kawasan tersebut. Merasa habitatnya terganggu, kawanan gajah ini akhirnya mencari makanan di tempat lain yang berakhir ke permukiman warga.

Baca Juga : Asal Usul Nama Pempek, Olahan Ikan yang Awalnya Bernama Kelesan

Serangan sebelumnya yang terjadi di Kabupaten Bener Meriah juga telah menyebabkan kerusakan cukup besar. 32 ekor gajah merusak belasan hektar tanah perkebunan milik petani sehingga mereka mengalami kerugian.

Menangani serangan yang terjadi, Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) turun ke lokasi untuk melakukan penggiringan gajah liar ke hutan menggunakan mercon.

Dinas Perkebunan Aceh Utara, dan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kawanan Gajah Masih Berkeliaran di Pemukiman, Petani Aceh Utara Takut ke Kebun", https://regional.kompas.com/read/2019/01/13/15013811/kawanan-gajah-masih-berkeliaran-di-pemukiman-petani-aceh-utara-takut-ke. Penulis : Kontributor Lhokseumawe, Masriadi Editor : Aprillia Ika
Dinas Perkebunan Aceh Utara, dan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kawanan Gajah Masih Berkeliaran di Pemukiman, Petani Aceh Utara Takut ke Kebun", https://regional.kompas.com/read/2019/01/13/15013811/kawanan-gajah-masih-berkeliaran-di-pemukiman-petani-aceh-utara-takut-ke. Penulis : Kontributor Lhokseumawe, Masriadi Editor : Aprillia