Mengapa Kita Cenderung Ingin Mendengarkan Lagu Galau Ketika Sedih?

By Nathania Kinanti, Senin, 25 Februari 2019 | 10:18 WIB
Saat sedih, mayoritas orang akan mendengarkan lagu sendu atau yang dikenal dengan lagu (Sviatlana Barchan/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Ketika sedang murung atau merasa sedih, mayoritas dari kita biasanya akan mendengarkan lagu-lagu bernada mellow.

Namun, apa sebenarnya yang membuat kita senang mendengarkan lagu "galau" ini?

Baca Juga : Mengapa Orang Percaya dengan Kekuatan Gaib? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Pada tahun 2014, seorang pakar musik bernama Kay Norton melakukan sebuah penelitian mengenai lagu mellow dan pendengarnya. Hasilnya menunjukkan, lirik dan nada lagu yang sendu dianggap mampu menggambarkan kesedihan dalam diri seseorang.

Secara psikologis, lagu sendu atau dikenal dengan lagu galau ini dapat menjadi media untuk mengungkapkan perasaan Anda. Para pendengar lagu galau dapat melepaskan perasaan yang ia rasakan dengan cara yang lebih baik dibanding melakukan hal negatif.

Mengutip dari Hello Sehat, menurut Norton, musik memiliki bentuk yang sama dan juga aliran yang sama seperti emosi manusia.

"Jenis musik bisa mendorong seseorang yang sedang berduka untuk bisa menangis atau mengekspresikan emosi dengan cara yang tepat," ungkapnya. 

Dengan mendengarkan lagu galau, seseorang juga bisa terdorong untuk melakukan refleksi diri melalui nilai-nilai positif yang diambil dari lagu yang didengarkan.

Baca Juga : Merasa Lebih Rileks, Wanita 81 Tahun Ini Pilih Hidup Sendiri di Pulau

Ilmuwan dari sebuah universitas di Jerman juga melakukan penelitian mengenai dampak lagu galau kepada 770 orang. Hasilnya mengatakan bahwa mendengarkan lagu galau berpotensi untuk mengatur mood dan emosi negatif, sehingga membangkitkan perasaan positif seperti rasa damai.

Maka dari itu, mendengarkan lagu sedih ini dinilai bisa membantu memberikan solusi permasalah atau meningkatkan kedewasaan seseorang.