Aurora Berbentuk Naga Terbentang Indah Hiasi Langit Islandia

By Nathania Kinanti, Selasa, 26 Februari 2019 | 15:01 WIB
Aurora naga yang terlihat di Islandia. (Jingyi Zhang & Wang Zheng via Live Science)

 

Nationalgeographic.co.id - Aurora atau yang dikenal dengan "Cahaya Utara" atau "Cahaya Selatan" sering membuat orang terpesona dengan keindahannya.

Begitu juga dengan yang terjadi di Islandia, saat aurora yang muncul justru berbentuk seperti naga. Hal ini menarik perhatian NASA karena mereka belum mengetahui pasti apa sebenarnya yang membuat bentuk aurora seperti itu.

Baca Juga : Foto-foto Ini Ungkap Jejak Sungai yang Pernah Mengalir di Mars

Aurora berbentuk naga di Islandia (Jingyi Zhang & Wang Zheng via Live Science)

Menurut NASA, munculnya bentuk naga ini bisa jadi karena pengaruh dari aktivitas matahari. Pasalnya, aurora muncul ketika garis medan magnet matahari terputar menyatu dan meledak menciptakan bintik matahari.

Dari bintik ini, akan muncul partikel-partikel yang akhirnya melayang jauh di angkasa. Ketika partikel ini melintas dan bersinggungan dengan bumi, ia akan menabrak medan magnet bumi dan masuk ke atmosfer menuju kutub.

Selama perjalanan menuju kutub, partikel kemudian melakukan interaksi dengan molekul oksigen, nitrogen, dan elemen atmosfir lainnya sehingga menciptakan cahaya indah bernama aurora.

Oleh karena itu, NASA sempat mengalami kebingungan dengan penyebab munculnya aurora ini. Sebab menurut pengamatan mereka, sejauh ini tidak ada ada bintik matahari yang muncul selama Februari.

Baca Juga : Proyek Fotografi 'Humanae': Memotret 4.000 Warna Kulit Manusia

Aurora berbentuk burung di Islandia. (Jingyi Zhang & Wang Zheng/ via Live Science)

Jingyi Zhang, fotografer yang berhasil mengabadikan aurora naga ini tidak menyangka dapat menyaksikan peristiwa unik seperti ini.

Ia semakin terkejut ketika partnernya, Wang Zheng berhasil menangkap aurora berbentuk burung yang muncul bersamaan dengan aurora naga.