Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Dengan Lima Bahan Makanan Ini

By Nathania Kinanti, Kamis, 28 Februari 2019 | 07:10 WIB
Zat yang membuat warna kuning pada kunyit ternyata berfungsi sebagai antiinflamasi dan antiradang. (Wealthylady/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Ada banyak hal yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh kita menurun, mulai dari stres, kurang tidur, sampai perubahan cuaca.

Oleh karena itu, Anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi lima bahan makanan berikut ini.

Baca Juga : Dari Anak-anak Hingga Manula, Ini Rekomendasi Olahraga Sesuai Usia

Brokoli

Sayuran ini memiliki kandungan antioksidan dan serat yang tinggi. Tidak hanya itu, brokoli juga mengandung vitamin A, C, dan E. Tidak perlu repot-repot, cara terbaik untuk mengonsumsi brokoli adalah dengan meminimalisir proses memasak. Sederhananya adalah dengan merebusnya dalam waktu singkat.

Bayam

Sama seperti brokoli, bayam juga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C tinggi. Sayuran ini juga memiliki zat beta karoten yang juga mampu menangani diare, gangguan malabsorpsi, kulit terbakar, dan beberapa jenis kanker. Bayam juga sebaiknya tidak dimasak terlalu lama agar nutrisi didalamnya tidak terbuang.

Kunyit

Warna kuning pada kunyit disebabkan oleh kurkumin, zat yang menjadikan kunyit sebagai antiinflamasi atau antiradang. Kunyit juga dipercaya dapat mencegah tumor dan pembentukan pembuluh darah baru yang berperan dalam pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Baca Juga : Setelah Salju Hitam, Kini Muncul Salju Berwarna Hijau di Rusia

Bawang putih

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, zat allicin dalam bawang putih juga berperan melawan pernyebab infeksi dalam tubuh.

Pepaya

Buah satu ini memiliki papain, enzim pencernaan yang berfungsi sebagai antiinflamasi. Pepaya juga kaya akan potasium, folat, vitamin B, dan vitamin C. Vitamin C dalam satu pepaya mampu memenuhi kebutuhan vitamin C Anda untuk satu hari. keuntungan lainnya dari mengonsumsi pepaya adalah dapat mengurangi risiko kanker dan bagus sebagai antipenuaan.