Berteman dengan Para Lansia dan Mendapatkan Bayaran, Salah Satu Dampak Perkembangan Teknologi

By Nathania Kinanti, Jumat, 1 Maret 2019 | 08:05 WIB
Aplikasi berbayar ini memungkinkan para lansia untuk mendapatkan cucu sesuai permintaan. (Papa/ via Daily Mail)

Nationalgeographic.co.id - Kecanggihan teknologi semakin memudahkan umat manusia dalam melakukan berbagai aktivitas, mulai dari urusan transportasi, membeli makanan dan minuman, hingga berbelanja.

Salah satu produk teknologi yang kemudian banyak berkembang dan semakin memudahkan kita adalah berbagai aplikasi dalam gawai. Bagaimana tidak, hanya dalam satu genggaman, berbagai urusan dan keperluan kita dapat terbantu.

Di Florida, sebuah aplikasi bernama "Papa" tengah menjadi sorotan. Sesuai namanya, Anda tentu dapat menebak kira-kira apa yang menjadi perhatian utama aplikasi tersebut. Bila Anda menebak bahwa aplikasi ini dibuat untuk memberikan berbagai bantuan bagi orang tua—yang mungkin juga mengalami kesepian—Anda benar.

Baca Juga : Setelah Salju Hitam, Kini Muncul Salju Berwarna Hijau di Rusia

Melalui aplikasi ini, lansia akan terhubung dengan Papa Pals—orang-orang muda yang sudah diperiksa latar belakangnya.

Untuk menggunakan jasa aplikasi ini, para pengguna perlu mengeluarkan biaya sebesar US$17 atau sekitar Rp200.000 per jam. Biaya tambahan sebesar US$30 juga akan dikenakan bagi pengguna yang ingin meningkatkan akunnya menjadi premium.

Apa perbedaannya? Dengan akun premium para pengguna dapat memilih dan mewawancara Pal (kawan) mereka. Para lansia ini juga bisa membatalkan Pal mereka kapan saja jika merasa tidak puas.

Tampilan aplikasi (Papa/ via Daily Mail)

Baca Juga : Unik! Hewan Tanpa Mata Ini Memiliki 414 Kaki dan Empat Penis

Tentu Anda kemudian bertanya, apa yang diberikan oleh Pals ketika penggunanya membayar sebesar yang telah ditentukan. Pada dasarnya, aplikasi ini memfasilitasi kebutuhan seorang lansia untuk mencari teman bicara. Namun tidak hanya itu, para Pals juga dapat membantu lansia untuk berbelanja, memberikan tumpangan, atau mengantar mereka ke berbagai tempat yang mereka perlukan.

Tugas lain yang bisa dilakukan oleh para pals adalah membantu para lansia melakukan berbagai pekerjaan rumah ringan, seperti mengurus hewan peliharaan atau mengajarkan penggunaan berbagai produk elektronik seperti smartphone dan komputer.