Mendengarkan Musik Saat Bekerja Justru Menghambat Kreativitas?

By Gita Laras Widyaningrum, Selasa, 5 Maret 2019 | 12:50 WIB
Mendengarkan musik saat bekerja. (anyaberkut/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Memasang headphone kemudian mendengarkan musik saat bekerja cukup sering kita lakukan. Bahkan, beberapa orang mengatakan kebiasaan itu membantu mereka menyelesaikan tugas.

Dr Neil McLatchie, peneliti dari Lancaster University, kemudian memutuskan untuk menguji apakah musik benar-benar bermanfaat dalam memicu kreativitas pekerja.

Baca Juga : Umur Lebih Panjang dan Hidup Sehat dengan Menu Makanan Jepang

Pertama-tama, para partisipan yang terlibat ditunjukkan tiga kata yang tidak berhubungan. Mereka lalu diminta menemukan satu kata yang cocok dikombinasikan dengan kata-kata sebelumnya. Ini adalah teknik yang sering digunakan psikolog untuk menguji kreativitas verbal dan kondisi yang memicunya.

Eksperimen dilakukan pada suasana tenang dan dengan diiringi berbagai jenis musik.

Hasil yang dipublikasikan pada Applied Cognitive Psychology menunjukkan bahwa jawaban benar diutarakan oleh para partisipan di suasana hening.

Pada eksperimen pertama, 30 partisipan menjawab soal 20% lebih baik ketika berada di ruangan tenang, tanpa distraksi dari musik. Namun, 18 pelajar yang mendengarkan musik–dengan atau tanpa lirik–kinerja mereka mengalami penurunan akibat gangguan suara.

Baca Juga : Amankah Kotoran Telinga Dibersihkan Sendiri dengan Cotton Bud?

Setengah partisipan mengatakan mereka sering bekerja atau belajar sambil mendengarkan musik. Meskipun dapat memperbaiki mood, tapi itu mengurangi kapasitas mereka dalam menjawab pertanyaan.

McLatchie mengakui, penelitiannya ini memang belum menjelaskan mengapa musik dapat mengganggu kreativitas verbal. Namun, kemungkinan karena latar suara dapat mengurangi fokus atau perhatian bawah sadar mengacaukan tugas yang ada di depan mata.