Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Indonesia Hingga 21 Maret 2019

By Gregorius Bhisma Adinaya, Senin, 18 Maret 2019 | 15:46 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi di lautan Indonesia. (andrej67/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter milik Kepala BMKG, Dwikora Karnawati mengeluarkan imbauan atas adanya gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia.

Berdasarkan kicauan dalam akun yang sama, tertulis bahwa peringatan dini gelombang tinggi berlaku hari ini (18/3/2019) hingga Kamis, 21 Maret 2019.

Baca Juga : Pendiri Whatsapp Ajak Pengguna Facebook untuk Hapus Akun Mereka

Tinggi gelombang pun terbagi menjadi dua kategori, yakni 1,25 - 2,50 meter dengan status waspada dan 2,50 - 4,0 meter dengan status berbahaya.

Daftar wilayah terdampak gelombang tinggi. (Twitter/Dwiko_rita)

BMKG juga mengeluarkan saran keselamatan bagi penyedia jasa pelayaran maupun para nelayan sesuai dengan kemampuan kapal yang digunakan.

Baca Juga : Meresahkan, Tersebar Daftar 'Breedready' Berisi Data Wanita Tiongkok yang Siap Memiliki Anak

Tidak hanya itu, masih melalui media yang sama, BMKG juga mengimbau agar masyarakat yang berdomisili di kawasan pantai dan masyarakat yang akan beraktivitas di pantai—yang masuk dalam area terdampak—untuk selalu waspada.

Terkait dengan hal tersebut, masyarakat juga harus waspada terhadap adanya informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Untuk mencari informasi yang benar, masyarakat dapat menghubungi nomor yang tertera pada imbauan di atas.