Memasuki Bulan Puasa, Berikut Tips Agar Mulut Tidak Mudah Kering

By Nathania Kinanti, Senin, 6 Mei 2019 | 09:29 WIB
Tips untuk mencegah mulut kering saat puasa. (Deagreez/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Pada saat berpuasa, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makan dan minum selama kurang lebih 12-13 jam. Salah satu dampak yang terjadi adalah aroma tak sedap dapat muncul dalam mulut dan membuat kita menjadi tidak nyaman.

Oleh karena itu, berikut adalah tips yang dapat dilakukan agar mulut Anda tidak mudah kering:

Baca Juga : Paus Misterius dengan Tali Kekang Ditemukan, Senjata Rahasia Rusia?

1. Berkumur

Aroma tak sedap pada mulut disebabkan oleh menurunnya pH pada mulut, angka kadar pH yang normal berkisar antara 6,5 - 7. Jika berada dibawah angka normal maka sudah tergolong menjadi asam.

Secara tidak langsung, rutin berkumur saat hendak beribadah dapat meningkatkan pH pada mulut. Pada akhirnya pH yang awalnya asam akibat puasa dapat berubah menjadi lebih netral karena berkumur.

2. Sikat gigi

Puasa makan dan minum bukan berarti puasa menyikat gigi, karena gigi dan mulut yang bersih dapat membuat kita terhindar dari mulut kering. Biasakan untuk menyikat gigi tidak hanya pada saat mandi di pagi hari atau malam sebelum tidur, melainkan juga usai sahur.

Baca Juga : Kerangka yang Ditemukan di NTT Ungkap Bukti Campuran Ras Sejak 2.000 Tahun Lalu

3. Mengatur asupan makanan dan minuman

Mengonsumsi makanan dengan porsi besar atau yang mengandung banyak gula tak hanya buruk bagi tubuh namun juga bagi mulut. Hal ini dikarenakan kandungan gula yang banyak, dapat meningkatkan kadar asam dalam mulut.

Untuk mencegahnya, Anda dapat memperbanyak konsumsi sumber serat saat berbuka puasa. Tak hanya mampu membersihkan permukaan mulut, tetapi serat juga lebih mudah dibersihkan ketimbang pemanis atau gula.