Rajin Tersenyum Bisa Membuat Hidup Kita Lebih Bahagia, Benarkah?

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 31 Mei 2019 | 13:09 WIB
Ilustrasi tersenyum. (happy8790/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Menurut sebuah studi terbaru yang dipublikasikan pada Psychological Bulletin, sering tersenyum membantu hidup kita menjadi lebih bahagia. 

Studi ini menguji data 50 tahun mengenai ekspresi wajah untuk menjawab satu pertanyaan: bisakah ekspresi membuat seseorang benar-benar merasakan emosi di wajahnya?

"Pepatah bijak memberi tahu bahwa kita bisa merasa sedikit lebih bahagia dengan tersenyum. Atau kita bisa menjadi serius jika cemberut. Namun sayangnya, para psikolog tidak setuju dengan gagasan tersebut selama lebih dari 100 tahun," kata Nicholas Coles, pemimpin studi.

Baca Juga: Kesepian Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini Cara Sederhana Mengatasinya

Melihat hal ini, Coles dan rekannya pun mencoba mengumpulkan data mengenai ekspresi wajah dan melakukan meta analisis dari lebih 11 ribu orang di dunia. 

Hasilnya menunjukkan bahwa ekspresi wajah memang memengaruhi perasaan orang, walaupun efeknya relatif kecil. Misalnya, jika subjek tersenyum, mereka melaporkan merasa sedikit lebih bahagia; jika mereka cemberut, mereka merasa lebih marah; dan jika mereka mengerutkan kening, maka akan merasa lebih sedih.

Setelah hampir 100 tahun berdebat dengan komunitas psikologis, akhirnya tim peneliti ini berhasil mengungkap bahwa ekspresi wajah faktanya dapat memberikan pengaruh pada apa yang kita rasakan. Meski begitu, mereka menegaskan bahwa pengaruhnya tidak terlalu besar.

"Banyak orang berpikir bahwa tersenyum bisa mengantarkan Anda ke kebahagiaan. Sayangnya, efeknya tidak sekuat itu. Meskipun berpengaruh, tapi senyuman tidak langsung bisa menyembuhkan depresi," ujar Coles.

"Kami masih harus mempelajari lebih lanjut mengenai hal ini. Hasil penemuan tersebut layak untuk dipelajari lebih lanjut karena memberikan petunjuk bagaimana pikiran dan tubuh berinteraksi untuk membentuk pengalaman sadar terhadap emosi," tambahnya. 

Selain itu, studi ini juga merupakan pengingat yang baik bahwa hubungan pikiran dan tubuh sangat nyata. Anda bisa mencoba tersenyum jika benar-benar ingin meningkatkan mood.

Baca Juga: Merasa Waktu Berjalan Cepat? Lakukan Cara Ini untuk Membuatnya Lebih Lambat

Joel Kahn, ahli jantung, mengungkapkan bahwa tersenyum memberikan banyak manfaat. Di antaranya mengurangi stres dan kecemasan, membantu mengontrol rasa sakit, menenangkan orang lain, dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Dan fakta yang paling penting: senyum dapat menular. Anda bisa menyebarkan kebahagiaan ke satu ruangan hanya dengan satu senyuman.