WHO: Lebih Dari Satu Juta Orang Terkena Penyakit Menular Seksual Setiap Harinya

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 10 Juni 2019 | 11:29 WIB
Ilustrasi tes penyakit menular seksual. (jarun011/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Menurut data terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada lebih dari satu juta orang yang terkena penyakit menular seksual setiap harinya. 

Dilansir dari voaindonesia.com, laporan WHO menyatakan bahwa satu dari 25 orang di dunia pasti mengidap penyakit menular seksual. Meliputi infeksi klamidia, gonore atau kencing nanah, trikomoniasis, dan sifilis. Beberapa orang bahkan mengidap lebih dari satu penyakit menular tersebut. 

Pada 2016, masih menurut WHO, muncul lebih dari 376 juta kasus baru penyakit menular seksual (PMS) di kalangan laki-laki dan perempuan berusia 15-49 tahun. Jika dirinci lebih lanjut, hasilnya menunjukkan 127 juta kasus klamidia, 87 juta gonore, 6 juta sifilis, dan 156 juta trikomoniasis. 

Baca Juga: Hati-hati Memilih Pekerjaan, Ada 7 Jenis Pekerjaan yang Berpotensi Tingkatkan Risiko Kanker

PMS sendiri menular melalui hubungan seks tanpa alat kontrasepsi. Dalam beberapa kasus, penyakit itu juga ditularkan dari ibu ke anaknya semasa kehamilan. Selain itu, sifilis dapat ditularkan melalui kontak dengan darah yang sudah terinfeksi PMS. 

Jika tidak segera diatasi, PMS bisa menyebabkan kemandulan, kehamilan ektopik, serta kematian bayi. Diketahui bahwa sifilis telah menyebabkan lebih dari 200 ribu kematian bayi setiap tahunnya. Penyakit menular seksual juga dapat meningkatkan risiko HIV.