Semakin Parah, Gelombang Panas di Eropa Tahun Ini Pecahkan Rekor

By National Geographic Indonesia, Jumat, 26 Juli 2019 | 10:09 WIB
Ilustrasi gelombang panas (batuhan toker)

Nationalgeographic.co.id - Kondisi gelombang panas yang sedang melanda wilayah Eropa semakin parah. Di Eropa Barat, suhunya semakin ekstrem minggu ini dan diperkirakan akan bertambahn panas. 

Diketahui bahwa Belgia, Jerman dan Belanda, mencapai rekor suhu tinggi pada Rabu (24/7). Sementara Perancis dan Inggris akan mengalami panas yang sama pada Kamis (25/7).

Paris diperkirakan akan memecahkan rekor suhu tinggi sepanjang masa, yaitu 40,4 derajat Celcius, tiga derajat lebih panas dari rekor 1974.

Baca Juga: Ilmuwan: Hewan di Bumi Sulit Beradaptasi dengan Perubahan Iklim

Badan cuaca nasional Inggris, Met Office, meramalkan suhu akan memuncak pada Kamis, dengan suhu diperkirakan bisa mencapai 39 Celcius.

Polisi London memperingatkan orang-orang untuk tidak berenang di Sungai Thames di kota itu, setelah seorang pria tenggelam pada Selasa (23/7).

Sebagian besar negara mengeluarkan peringatan kesehatan terkait panas, agar orang-orang tidak tersengat panas matahari, memasang tirai jendela mereka, minum banyak cairan dan memeriksa para lansia yang tinggal sendirian. Pendingin ruangan tidak biasa dipasang di rumah-rumah, kantor, sekolah atau rumah sakit di kota-kota Eropa. [ps/pp]

Artikel ini pernah tayang di voaindonesia.com. Baca artikel sumber