Bukan Obat, Dokter Berikan Tanaman Hijau untuk Atasi Depresi

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 12 September 2019 | 14:16 WIB
Tanaman hijau. (Margarita Terekhova/Unsplash)

Nationalgeographic.co.id - Bukan pil lagi, para dokter di Manchester, Inggris, kini mulai 'meresepkan' berbagai jenis tumbuhan hijau untuk ditanam sebagai cara mengatasi penyakit mental.

Hal ini dilakukan karena merawat tanaman atau aktivitas berkebun dapat menimbulkan perasaan baik dan membantu mengobati orang-orang yang menderita kecemasan, depresi, dan kesepian. 

Dibanding obat penenang dan antidepresan, pasien akan diberikan pot tanaman herbal atau sayuran untuk meningkatkan semangat mereka. 

Baca Juga: Menuliskan Kegagalan Masa Lalu Bisa Bantu Atasi Stres yang Dialami

Skema yang baru pertama kali dilakukan ini memungkinkan pasien yang memiliki suasana hati buruk untuk diberikan tumbuhan hijau dulu sebelum membawanya ke rumah sakit untuk dirawat. Ini memberikan kesempatan kepada mereka untuk aktif berkebun atau berkecimpung dalam kegiatan sosial untuk memperbaiki kondisi mentalnya. 

Augusta Ward, seorang ahli kesehatan mengatakan: "Tanaman yang kami berikan biasanya herbal seperti lemon, balm, dan catmint. Semuanya bagus untuk menenangkan pikiran," paparnya. 

"Memiliki sesuatu untuk dirawat memberikan banyak manfaat bagi kita–terutama untuk mereka yang tidak memiliki taman atau hewan peliharaan sebelumnya. Merawat tanaman mungkin bisa menjadi alasan untuk terus bertahan, juga menjadi cara lebih aktif berkegiatan dan mencari teman baru," tambah Ward. 

Gagasan ini pun didukung oleh komisioner kesehatan Manchester yang ingin mempromosikan 'dukungan sosial' sebagai salah satu cara holistik untuk meningkatkan kesejahteraan mental. 

Baca Juga: Redakan Sakit Gigi dengan Tanaman Beraroma Menyengat, Cengkih

Dr Phillippa James, salah satu dokter yang menerapkan cara tersebut, mengatakan: "Saya sudah melihat bagaimana pasien sangat rileks ketika berada di taman. Ada bukti yang menyatakan bahwa menghabiskan waktu dua jam di ruang terbuka hijau dapat meningkatkan mood. Pada akhirnya, itu memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Para ahli kesehatan harus mengembangkannya."

Hal yang sama juga disampaikan oleh dr. Ruth Bromley, Ketua Manchester Health and Care Commissioning. 

"Banyak hal yang membuat orang-orang tetap bahagia, dan kadang itu tidak selalu berkaitan dengan hal medis. Itulah sebabnya memberikan tanaman hijau ini sangat efektif," ungkapnya.