6 Fakta Tentang Leonardo da Vinci Yang Jarang Diketahui Orang

By Celine Veronica, Selasa, 24 September 2019 | 19:00 WIB
Leonardo da Vinci ciptakan tiga versi lukisan dengan objek sama. (Elisabeth Novina)

Nationalgeographic.co.id— Tahun ini, genap lima abad berlalu sejak kematiannya pada tahun 1519. Namun, Leonardo da Vinci masih tetap dikenal hingga saat ini. Ia dikenal luas sebagai seorang polymath (berpengetahuan di berbagai bidang) terbesar dalam sejarah manusia yang mampu mencerahkan Eropa di masa-masa kegelapan. Leonardo merupakan penemu, seniman, musisi, arsitek, insinyur, ahli anatomi, ahli botani, ahli geologi, sejarawan, dan kartografer.

Meskipun namanya dikenal banyak orang, tak banyak orang yang mengetahui fakta-fakta kehidupannya. Berikut adalah hal-hal tentang Leonardo yang mengejutkan dan jarang diketahui orang.

  1. Keturunan gelap

Leonardo lahir pada 15 April 1452 dari hasil hubungan di luar nikah. Ayahnya, Ser Piero adalah seorang notaris kaya, dan ibunya, Caterina adalah seorang gadis petani lokal. Lahirnya Leonardo sebagai anak gelap memposisikan ia tidak mendapatkan pendidikan dan warisan.

  1. Fisik yang indah

Pada zamannya, Leonardo dikenal sebagai seseorang yang sangat menawan. Dalam buku biografi Leonardo, seseorang yang hidup dimasanya menggambarkannya sebagai “laki-laki yang profesional, anggun, dan tampan” yang “mengenakan jubah merah muda mawar” dan memiliki “rambut keriting yang indah, ditata dengan hati-hati, yang turun ke tengah dadanya.”

Patung Leonardo da Vinci. (Zummolo/Getty Images/iStockphoto)

  1. Pendidikan orang luar

Akibat lahir dari hubungan gelap, Leonardo menerima pendidikan formal yang terbatas. Ia tidak pernah masuk universitas, terkadang ia menyebut dirinya sebagai “orang yang tidak berpendidikan.” Namun, kurangnya pendidikan formal membuat ia tidak terikat suatu tradisi, membantu menanamkan dalam dirinya tekad untuk mempertanyakan otoritas dan lebih mengandalkan pengalamannya sendiri. Hasilnya, ia menjadi pengamat dan eksperimenter langsung.

  1. Penunda yang produktif

Meskipun memiliki pengetahuan yang subur, namun disisi lain, Leonardo suka menunda suatu pekerjaan dan mudah menyerah. Hal ini terbukti dia sering membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk mengerjakan pesanan.

  1. Seorang Ambidextrous

Ambidextrous adalah kemampuan unik yang hanya dimiliki sedikit orang di dunia, dimana mereka bisa menggunakan kedua tangannya bersamaan dengan baik. Hanya satu dari seratus orang yang memiliki kemampuan ini dan Leonardo da Vinci adalah salah satunya.

  1. Nilai yang meroket

Pada November 2017, salah satu lukisan yang dikaitkan dengan Leonardo ,”Salvator Mundi” (Penyelamat Dunia), menjadi rekor lukisan termahal yang pernah dijual seharga US$ 450 juta. Lukisan itu menggunakan minyak pada kenari pada sekitar 1500, lukisan yang bergambar Yesus menawarkan doa berkat dengan tangan kanannya memegang bola kristal.

Itulah enam fakta menarik yang jarang diketahui orang tentang sang maestro Leonardo da Vinci yang mampu menciptakan banyak karya di berbagai bidang.