Aye-Aye, Lemur Madagaskar yang Memiliki Bentuk Jari Tangan Aneh

By Silvia Triyanti Luis, Senin, 28 Oktober 2019 | 14:00 WIB
Aye-aye (Answersafrica)

Nationalgeographic.co.id – Aye-aye merupakan jenis lemur yang memiliki keanehan dalam anggota tubuh yang dimilikinya. Salah satunya adalah bentuk jari tangannya yang aneh. Memiliki jari yang sangat panjang, dan ramping membantunya untuk mengetuk pohon dan menemukan belatung. Jari tangan Aye-aye memiliki enam digit sehingga hal ini membuatnya dikenal sebagai primata pseudothumb.

Selain bentuk jari tangan yang aneh, hewan yang berasal dari Madagaskar ini memiliki mata bulat besar dan telinga besar. Bulu tebalnya memiliki ujung putih yang cantik. Aye-aye merupakan lemur yang tidak lebih besar dari seekor kucing.

Dalam penelitiannya Hartstone mengungkapkan bahwa aye-aye merupakan lemur yang memiliki kondisi fisik yang aneh. Dengan memeriksa otot aye-aye, Hartstone dan timnya mencari keunikan lain yang dimiliki oleh lemur ini. Menurutnya bentuk jari-jari pada sebagian besar primata, itu dimulai dari lengan bawah dan menempel pada pangkal ibu jari. Tetapi pada aye-aye, sebagian terbelah, dan terhubung dengan tulang yang disebut sesamoid radial, yang biasanya cukup kecil pada primata lain. Namun pada aye-aye bentuknya memanjang sehingga hal itu menjadii unik.

Jari kurus aye-aye (IP Factly Always Learning!)

"Sangat keren menemukan anatomi jenis ini pada primata untuk pertama kalinya, terutama primata seaneh-aye," kata Hartstone-Rose.

Studi mengenai anatomi lengan dan tangan seperti yang sudah dilakukan, dan perbedaan antara garis keturunan, dapat membantu lebih memahami bagaimana struktur ini berkembang pada spesies yang berbeda termasuk manusia. Adanya ibu jari semu pada aye-aye membantunya untuk mengambil makanan dan barang yang berbeda.

Dorothy Fragaszy, seorang primatology mengatakan bahwa ia tertarik untuk melihat bagaimana aye-aye menggunakan keunikan jarinya untuk memperoleh makanan dan mencengkeram cabang-cabang pohon.

“Itu jelas memungkinkan mereka untuk menekan atau menggosok proyeksi tulang terhadap hal-hal yang mereka pegang di telapak tangan mereka”. Ujarnya.

Hartsone – Rose berspekulasi mengenai keunikan tangan yang dimiliki aye-aye dengan mengatakan bahwa adanya hal unik pada jari aye-aye banyak diketahui masyarakat.

“Satu-satunya hal yang dapat saya pikirkan adalah, tangan aye-aye sangat menarik, khususnya jari-jari sangat aneh sehingga orang tidak pernah benar-benar memerhatikan bahwa ada hal aneh yang terjadi dengan bagian lain dari tangan itu.” Imbuhnya.

Menurut Uni Internasional untuk Konservasi Alam, aye-aye saat ini termasuk golongan hewan yang terancam punah. Akibat adanya perburuan liar, penebangan, dan fragmentasi habitat di Madagaskar banyak mengancam kesejahteraan mahluk hidup.