Pendaratan Sebuah Pesawat Luar Angkasa Misi Rahasia Milik Pentagon

By Celine Veronica, Rabu, 30 Oktober 2019 | 17:57 WIB
Uji coba pesawat X-37B berhasil mendarat di NASA Kennedy. (IFL Science)

Nationalgeographic.co.id - Pesawat luar angkasa X-37B Pentagon akhirnya mendarat ke Bumi setelah mengorbit di planet selama dua tahun dalam misi rahasia. Hingga saat ini belum diketahui pasti apa yang sebenernya dilakukan di sana.

Pesawat ruang angkasa tanpa awak mendarat di Kennedy Space Center Shuttle Landing Facility di Florida pada dini hari Minggu, 27 Oktober. Menurut pernyataan dari Angkatan Udara AS, X-37B diluncurkan ke misi kelima dengan bantuan roket SpaceX Falcon 9 pada 7 September 2017. Ini telah mengorbit Bumi selama 780 hari, menandai misi terpanjangnya hingga saat ini.

Angkatan Udara AS mengeluarkan siaran pers dan beberapa foto kendaraan luar angkasa misterius setelah mendarat, namun, seperti biasa, mereka tetap tidak memberikan gambar yang detail.

“Wahana antariksa ini adalah komponen kunci dari komunitas luar angkasa. Tonggak ini menunjukkan komitmen kami untuk melakukan percobaan untuk eksplorasi ruang angkasa Amerika di masa depan,” ujar Letnan Kolonel Jonathan Keen, manajer program X-37B, dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Kerasnya Latihan Bertahan Hidup Astronaut NASA Sebelum ke Luar Angkasa

"Selamat kepada tim X-37B untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik,” tambahnya.

Garis resmi dari militer adalah bahwa X-37B adalah "program uji eksperimental untuk menunjukkan teknologi untuk platform uji ruang angkasa tak berawak yang dapat diandalkan, dapat digunakan kembali, untuk Angkatan Udara AS."

Boeing telah membangun dua kendaraan X-37B untuk Angkatan Udara AS, yang keduanya telah melakukan banyak penerbangan.  Kedua pesawat ruang angkasa robot ini dapat digunakan kembali dan ditenagai menggunakan panel surya dan baterai lithium-ion.

Berukuran 8,8 meter (29 kaki) panjangnya dan dengan lebar sayap 4,6 meter (hampir 15 kaki), pesawat itu terlihat sangat mirip versi menyusut dari pesawat ulang-alik ikonik yang dioperasikan dari 1981 hingga 2011. Tanpa kebetulan, X-37B dikatakan telah dirancang pada awal 1990-an ketika NASA sedang mempelajari alternatif yang lebih murah dari pengorbit Space Shuttle.

Baca juga: NASA Ungkap Rekaman 'Aneh' Yang Didapat dari Permukaan Mars 

Ada petunjuk bahwa pesawat ruang angkasa juga memainkan peran non-ilmiah, bahkan mungkin bermusuhan. Heather Wilson, mantan Sekretaris Angkatan Udara AS, baru-baru ini menjelaskan bahwa pesawat ruang angkasa X-37B juga dapat berputar dan mengubah arahnya ketika berada di ketinggian yang lebih rendah.

"Yang berarti musuh kita tidak tahu - dan itu terjadi di belahan bumi yang jauh dari musuh kita - di mana ia akan muncul selanjutnya. Dan kita tahu bahwa itu membuat mereka gila. Dan aku sangat senang tentang itu,” pungkas Wilson mengatakan kepada sebuah panel di Forum Keamanan Aspen pada Juli 2019.

Tak perlu dikatakan, semua kerahasiaan ini juga memicu banyak spekulasi. Salah satu teori yang paling menghibur adalah bahwa tugasnya adalah memata-matai China. Menurut sebuah laporan di majalah Spaceflight pada tahun 2012, orbit X-37B erat mengikuti bahwa dari laboratorium ruang angkasa mantan China, Tiangong-1, menunjukkan bahwa itu bisa digunakan untuk pengawasan ruang-ke-ruang.