Foto Terakhir Rover Opportunity Tunjukkan Panorama Mars dengan Detail

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 26 Desember 2019 | 16:31 WIB
Ilustrasi planet Mars dengan Bulan dan Bumi sebagai latar belakang. (Pitris/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Sebelum sirkuitnya mendingin akibat badai debu, rover Opportunity milik NASA, sempat mengambil satu foto yang menunjukkan panorama di planet Mars. Bukan foto biasa, gambar tersebut mewakili keseluruhan misi Opportunity: menunjukkan pemandangan detail dari trek terbaru yang ada di sekitarnya. 

Foto 360 derajat tersebut diambil dari tempat peristirahatan terakhir Opportunity sesaat sebelum ia berhenti berfungsi pada Mei tahun lalu. Selama lebih dari 29 hari, rover tersebut mengambil gambar di lingkungan sekitarnya--ada 354 foto--sebelum dikirim kembali ke NASA. 

"Foto panorama terakhir ini semakin menunjukkan bahwa rover Opportunity merupakan misi eksplorasi dan penemuan yang sangat luar biasa yang pernah ada," kata John Callas dari Jet Propulsion Laboratory NASA. 

Baca Juga: 'Mawar-mawar' nan Menawan Melayang Penghuni Antariksa

(NASA/JPL-Caltech)

(NASA/JPL-Caltech)

"Di bagian kanan, Anda dapat melihat tepi kawah Endeavour dari kejauhan. Di sebelah kiri, terlihat jalur rover mulai menurun seperti lereng, menuju ke arah fitur geologi yang masih ingin diteliti oleh para ilmuwan lebih lanjut," paparnya. 

"Selain itu, di ujung kanan dan kiri terdapat Perseverance Valley serta kawah Endeavour. Itu merupakan wilayah yang masih murni dan belum tersentuh--mereka menunggu dikunjungi oleh para penjelajah masa depan," tambah Callas. 

Baca Juga: Para Ilmuwan Temukan Planet Seringan Permen Kapas

Siapa penjelajah masa depan yang dimaksud, belum diketahui hingga kini. Baik manusia atau robot, diharapkan penjelajah luar angkasa yang mampu mengunjungi Mars nantinya dapat menemukan sisa-sisa Opportunity yang saat ini sudah tidak berfungsi lagi. 

Hingga saat itu tiba, foto terakhir yang diambil Opportunity akan menjadi salah satu bukti misi penjelajahan ruang angkasa yang sangat bersejarah.