Ingin Resolusi Tercapai? Ini Langkah-langkah yang Bisa Dilakukan

By Gita Laras Widyaningrum, Selasa, 31 Desember 2019 | 12:28 WIB
Tahun yang baru identik dengan resolusi baru. (marekuliasz/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Psikolog asal Inggris, Richard Wiseman, telah melakukan beberapa survei tentang resolusi tahun baru. Pada 2007, ia melacak 3.000 orang yang berhasil mencapai resolusinya.

Wiseman mencari tahu apa yang dilakukan orang-orang sukses tersebut. Dan berdasarkan pengalaman mereka, Wiseman kemudian menyusun tips bagi orang lain yang ingin berhenti mencapai resolusinya atau yang selalu gagal dengan menyedihkan.

Baca Juga: Asal Usul Resolusi Tahun Baru, Dilakukan Sejak Ribuan Tahun Lalu

Menurut Wiseman, resolusi yang dibuat setiap tahunnya harus 'kecil' dan mudah ditangani. Anda perlu mendokumentasikan kesuksesan sendiri, beri tahu orang lain tentang keinginan Anda, dan yang paling penting, jangan pernah menyerah ketika gagal.

Ini daftar lengkap dari Wiseman yang bisa dilakukan untuk mencapai resolusi:

  1. Jika memungkinkan, buatlah hanya satu resolusi. Mengubah banyak hal dalam satu tahun lebih sulit dibanding fokus pada satu yang dianggap paling penting.
  2. Pikirkan resolusi Anda dan luangkan waktu untuk merenungkannya.
  3. Jangan mengenang kembali kegagalan sebelumnya. Fokus kepada resolusi baru.
  4. Buat resolusi yang benar-benar ingin Anda capai, bukan sekadar mengikuti orang lain atau tren yang sedang berlangsung.
  5. Pecahkan tujuan besar Anda menjadi langkah-langkah kecil dengan tenggat waktu yang bertahap.
  6. Beri tahu teman-teman dan keluarga mengenai tujuan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapat semangat dari mereka dan bisa dihibur ketika gagal.
  7. Buat daftar keuntungan yang akan Anda dapat jika berhasil mencapai resolusi.
  8. Setiap Anda membuat kemajuan, berikan penghargaan kecil kepada diri sendiri.
  9. Dokumentasikan perjuangan Anda dalam mencapai resolusi––bisa dalam berupa grafik, foto, atau jurnal.
  10. Jangan menyalahkan diri sendiri jika Anda kembali ke kebiasaan lama dan tidak menjalankan resolusi. Anggaplah itu sebagai kemunduran sementara dan ulang lagi dari awal.

Itulah sepuluh hal yang bisa Anda lakukan dalam mencapai resolusi tahun baru. Selamat mencoba dan semoga tujuan Anda di 2020 tercapai!