Sumur Gumuling, Tempat Tersembunyi di Bawah Taman Sari Yogyakarta

By Silvia Triyanti Luis, Senin, 27 Januari 2020 | 12:04 WIB
Sumur Gumilang di Taman Sari Yogyakarta (Twiga_Swala)

Nationalgeographic.co.id – Taman Sari yang merupakan salah satu destinasi wisata di Yogyakarta menyimpan satu tempat tersembunyi di dalamnya. Tempat tersembunyi itu merupakan sebuah masjid yang mempunyai nama Sumur Gumuling.

Sumur Gumuling terletak di tempat yang agak tersembunyi di bagian dalam dan jika ingin menuju ke sana, pengunjung haruslah melewati lorong panjang yang berbentuk mirip labirin. Di masa penjajahan, lorong ini digunakan untuk mengelabui tentara Belanda. 

Baca Juga: Filosofi Warna pada Pakaian Adat Melayu Pulau Penyengat

Ketika berjalan melewati lorong yang berliku dan mencapai ujungnya, pengunjung akan menemui area berbentuk lingkaran kecil yang berada di tengah, yang dihubungkan dengan lima tangga dari beragam sisi. Desain lorong ini merupakan tempat kedap suara.

Pada masanya, area lorong tersebut dijadikan tempat untuk salat atau duduk ketika diberlangsungkannya kegiatan keagamaan. Ada dua lantai yang menjadi tempat untuk sholat, di lantai bawah untuk perempuan dan di lantai atas untuk laki-laki.

Ketebalan dinding area Sumur Gumilang ini sekitar 1,25 meter karena konon tempat ini merupakan tempat penampungan air sehingga dindingnya memiliki ukuran ketebalan tertentu. Tembok yang terdapat di area ini terbuat dari batubata yang direkatkan dengan bahan alamiah.

Arsitektur bangunan Sumur Gumilang merupakan perpaduan antara Jawa dan Portugis. Jika ingin keluar dari tempat ini pengunjung bisa menggunakan lorong yang sama dari tempat mereka masuk sebelumnya.

Masjid yang terletak di bawah Taman Sari ini bisa dibilang cukup unik karena letaknya yang berada di bawah tanah dengan memiliki kisah sejarah yang menarik untuk ditelusuri. Selain itu, bentuk masjid yang unik dan berbeda dari masjid biasanya menjadikan tempat ini seringkali ramai oleh pengunjung di saat hari libur telah tiba.

Baca Juga: Lima Cara Agar Tetap Sehat Saat Sedang Traveling

Kota Yogyakarta memang memiliki kisah yang menarik untuk ditelisik. Jika berlibur ke kota penuh sejarah ini kurang lengkap rasanya jika tidak mencari tahu mengenai tempat-tempat bersejarah yang memiliki kisah menarik di baliknya.

Selain Taman Sari, masih banyak tempat bersejarah lainnya yang bisa di jadikan destinasi wisata keluarga.