Menjaga Kesehatan Mata Kaum Milenial, Apa Saja yang Perlu Dilakukan?

By Silvia Triyanti Luis, Rabu, 12 Februari 2020 | 18:03 WIB
Menjaga kesehatan mata penting dilakukan sejak usia muda (Radu Bighian/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Mata merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting untuk dijaga. Kaum milenial seringkali menyepelekan kesehatan mata mereka. Padahal nyatanya mata yang sehat akan mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Kecanduan bermain gawai akan memberikan dampak yang kurang baik bagi mata.

Berikut tips menjaga kesehatan mata bagi kaum milenial:

Konsumsi makanan kaya vitamin

Hal sederhana pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk mata. Setidaknya, dalam sehari, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, omega-3, hingga karotenoid. Selain baik untuk mata, karotenoid juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Bagaimana Perbandingan Corona dengan Virus Lainnya? Ini Kata WHO

Pakai sunglass ketika beraktivitas di luar ruangan

Ketika berada di luar ruangan, kita akan sering terkena paparan matahari. Sinar UV matahari akan menyebabkan radiasi yang tidak baik untuk mata. Mata yang tekena radiasi berlebihan akan mengalami katarak,  penebalan jaringan, hingga masalah mata lainnya. Maka dari itu pemakaian sunglass saat berada di luar ruangan cukup penting.

Hindari rokok

Rokok seringkali di sangkutpautkan dengan kesehatan jantung dan paru-paru. Namun, tak hanya itu, rokok juga bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan mata. Perokok aktif akan lebih rentan terserang gangguan kesehatan mata seperti katarak, degenerasi makula hingga kebutaan.

Baca Juga: Jamur Shiitake dan Lima Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Rutin kontrol ke dokter mata

Memeriksakan kondisi kesehatan mata ke dokter mata tidak perlu menunggu untuk sakit dahulu. Pasalnya, dengan sering mengecek kesehatan mata, itu akan membuat kita tau kondisi mata kita. Dokter akan memberikan informasi mengenai kesehatan mata dan juga memberikan saran apa yang harus diakukan.

Kesehatan mata sangatlah penting bagi setiap orang. Semakin tua usia kita maka kesehatan mata juga akan menurun. Jaga kesehatan mata dengan konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C ataupun E adalah satu hal yang mudah dilakukan. Tak hanya itu, kurangi frekuensi bermain gawai juga merupakan hal kecil yang bisa dilakukan guna menjaga kesehatan mata kita.