Bank Sampah Kampung Koran Beri Apresiasi Kepada Pengurus dan Nasabahnya

By National Geographic Indonesia, Jumat, 21 Februari 2020 | 18:12 WIB
Membersihkan sampah di sekitar pantai. (KGVC)

Nationalgeographic.co.id - Sebagai bagian dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap 21 Februari, Corporate Communication Kompas Gramedia (KG) bersama pengurus tiga Bank Sampah Kampung Koran menyelenggarakan acara “Sharing dan Apresiasi Bank Sampah” pada 19 dan 20 Februari 2020.

Acara tersebut diselenggarakan di tiga lokasi Bank Sampah yang berada di wilayah RW 02 Kelurahan Gelora (Jakarta Pusat) serta RW 06 dan RW 14 Kelurahan Grogol Utara (Jakarta Selatan). Ketiga wilayah ini juga menjadi lokasi Kampung Koran, sebuah program kolaborasi CSR yang dikembangkan Kompas Gramedia bersama Salam Rancage.

Baca Juga: Kenali Barang-Barang di Sekitar Kita yang Mengandung Limbah B3

Acara “Sharing dan Apresiasi Bank Sampah” diadakan secara periodik untuk memberikan penghargaan kepada para pengurus dan nasabah Bank Sampah yang telah konsisten berkontribusi dalam gerakan penyelamatan lingkungan melalui medium Bank Sampah. Lebih jauh lagi, acara ini juga diharapkan dapat memotivasi warga lain untuk turut berpartisipasi.

Sejumlah peralatan rumah tangga seperti, wajan teflon hingga kain pel otomatis diberikan kepada Nasabah Tabungan Terbanyak, Nasabah Terajin dan Nasabah Beruntung. Selain itu, apresiasi berupa hadiah juga diberika untuk untuk pengurus Bank Sampah yang dalam acara ini juga disematkan penghargaan sebagai “Kader Penyelamat Lingkungan”.

()

Saiful Bahri selaku General Manager Corporate Communication KG pada sambutannya di Bank Sampah RW 06 menuturkan bahwa acara Pemberian Apreasiasi ini bertujuan menginspirasi lebih banyak warga untuk ikut menjadi nasabah. “Ini adalah sedikit upaya dari kami untuk memberikan penghargaan terhadap warga yang selama ini konsisten berkontribusi terhadap perbaikan lingkungan, baik pengurus maupun nasabah Bank Sampah”, ujarnya.

Tak sekadar memberikan apresiasi, acara ini juga menghadirkan workshop pilah sampah sebagai edukasi kepada warga.

()

Baca Juga: Ilmuwan Kembangkan Gelas Plastik dari Kulit Kepiting, Seperti Apa?

Salah satu pengurus Bank Sampah Kampung Koran Unit RW 06, Widyaningsih, menuturkan testimoninya terkait program Bank Sampah Kampung Koran.

“Setelah adanya Bank Sampah, lingkungan menjadi bersih, kita juga jadi bisa memilah sampah. Keuntungannya juga kita mempunyai tabungan walaupun sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”, ujarnya.

Hal ini sesuai dengan tujuan dasar dari dibentuknya program Inspirasi Lingkungan dari CSR KG yaitu menyasar harmoni dari aspek lingkungan, finansial, dan sosial.