Bank Sampah Kampung Koran Reduksi 35 Ton Sampah DKI Jakarta

By National Geographic Indonesia, Jumat, 21 Februari 2020 | 18:32 WIB
Banyak sampah plastik masih belum terolah. (djedzura/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Kompas Gramedia (KG) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Sampah Kampung Koran mencatat telah mereduksi sampah hingga 35 ton. Jumlah tersebut didapat dari kontribusi nasabah tiga unit Bank Sampah yang diinisiasi KG di wilayah RW 02 Kelurahan Gelora (Jakarta Pusat), serta RW 06 dan RW 14 Kelurahan Grogol Utara (Jakarta Selatan).

Menurut CSR Specialist Kompas Gramedia (KG), Teguh Azmi Pamungkas, ketiga Bank Sampah tersebut merupakan program pengembangan di “ekosistem” Kampung Koran, yang merupakan program kolaborasi CSR antara KG dan Salam Rancage. “Selain inisiasi dan pendampingan tiga Bank Sampah, sebelumnya Kampung Koran juga telah mengembangkan program kreasi daur ulang (recycle) kertas koran bekas menjadi aneka produk kerajinan tangan yang bernilai ekonomi tinggi. Selain itu, sudah dirintis pula program Kebun Kota (Urban Farming) di kawasan yang sama,” ujarnya.

Baca Juga: Bank Sampah Kampung Koran Beri Apresiasi Kepada Pengurus dan Nasabahnya

Diinisiasi sejak 20 Februari 2016, tiga unit Bank Sampah Kampung Koran telah dilibati sebanyak 257 nasabah. Mereka aktif berkontribusi mengurangi sampah lingkungan dengan menabungkannya di Bank Sampah pada hari Rabu pertama dan Rabu Ketiga setiap bulannya.

Sebagai bagian dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap 21 Februari, Corporate Communication KG bersama pengurus ketiga Bank Sampah menyelenggarakan acara “Sharing dan Apresiasi Bank Sampah”. Acara ini dilaksanakan di tiga titik Bank Sampah pada 19 dan 20 Februari 2020.

()

Baca Juga: Kenali Barang-Barang di Sekitar Kita yang Mengandung Limbah B3

Pada acara Sharing dan Apresiasi Bank Sampah yang digelar di RW 14 pada 19 Februari 2020, Lurah Grogol Utara hadir dan mengapresiasi positif peran Bank Sampah Kampung Koran terhadap lingkungan. “Kami ucapkan terima kasih kepada segenap pegiat Bank Sampah, juga kepada Kompas Gramedia, yang telah berkontribusi dalam perbaikan lingkungan di wilayah ini. Saya berharap nantinya setiap RW lain juga bisa punya Bank Sampah masing-masing. Hal ini mengingat, kapasitas Bantargebang untuk menampung sampah dari Jakarta hanya tinggal dua tahun lagi.” ujarnya.

Acara “Sharing dan Apresiasi Bank Sampah” diadakan secara periodik untuk memberikan penghargaan kepada para pengurus dan nasabah Bank Sampah yang telah konsisten berkontribusi dalam gerakan penyelamatan lingkungan melalui medium Bank Sampah. Lebih jauh lagi, acara ini juga diharapkan dapat memotivasi warga lain untuk turut berpartisipasi