Peneliti LIPI Temukan 10 Jenis Burung Baru di Sulawesi dan Maluku

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Senin, 9 Maret 2020 | 11:24 WIB
Salah satu burung yang ditemukan oleh para peneliti, Rhipdura habibiei. ()

Nationalgeographic.co.id - Indonesia terbagi menjadi tiga kawasan persebaran fauna yang dipisahkan oleh garis Wallace dan Weber, yakni Asiatis, Peralihan, dan Australis. Tiga kawasan inilah yang membuat Indonesia memiliki keragaman fauna, dan masih banyak diantaranya belum diidentifikasi.

Sebuah penelitian dari LIPI bersama National University of Singapore telah menemukan sepuluh jenis burung baru yang teridentifikasi di Sulawesi dan Maluku.

Baca Juga: Singa Berkantung Ini Hidup Jutaan Tahun Silam di Hutan Kuno Australia

Dari penemuan tersebut, para peneliti memberikan nama salah satu jenis burung sesuai dengan nama mantan presiden Republik Indonesia, B.J Habibie, dengan nama latin Rhipidura habibiei.

Rhipidura habibiei memiliki suara yang khas dari jenis lainnya. Ia juga memiliki pita hitam pada ekornya yang lebih lebar daripada burung-burung lainnya. Burung ini dapat ditemukan di Pulau Peleng, Sulawesi Tengah pada kawasan hutan dataran tinggi.

Selain penamaan yang identik dengan B.J Habibie, para ilmuwan juga menamakan jenis burung lainnya dengan nama seorang cendekiawan, Emil Salim. Burung tersebut diberi nama Phylloscopus emilsalimi yang bisa dijumpai di dataran tinggi Pulau Taliabu, Maluku Utara.  

Dewi Malia Prawiradilaga, peneliti LIPI, menyatakan bahwa penamaan suatu spesies berdasarkan kaidah ilmiah harus sesuai dengan nama lokasi dan sifat burung tersebut. Atau bisa juga diberikan dari orang penting yang memiliki jasa.

“Berdasarkan sebagai penghormatan atau penghargaan untuk mengabadikan atau menganugerahkan kepada seseorang yang dianggap sudah berjasa, contoh: Rhipidura habibiei dari Pulau Peleng, Kepulauan Banggai dan Phylloscopus emilsalimi dari Pulau Taliabu, Kepulauan Sula,” kata Prawiradilaga saat dihubungi.

Prawiradilaga menyebutkan dalam laporan bahwa penemuan ini adalah perkembangan ekspedisi yang sangat langka dan luar biasa pasca ekspedisi yang dilakukan Alfred R. Wallace.

Jenis burung lainnya yang ditemukan oleh peneliti, di antaranya Locustella portenta, Myzomela wahe, Turdus poliocephalus sukahujan, Phyllergates cuculatus sulanus, Ficedula hyperythra betinabiru, Cyornis omissus omississimus, Phyllergates cucullatus relictus, dan Phyllocopus suara merdu yang umumnya ditemukan oleh para peneliti di sekitar Pulau Taliabu.

“Burung-burung tersebut endemik di wilayahnya. Artinya, tidak ada di tempat lain di dunia ini. Hanya ada di Indonesia,” kata Prawiradilaga.

Baca Juga: Beruang Kutub Diketahui Gemar Menyimpan Hasil Buruannya di Dalam Salju

Sebagai pengembangan penelitian lebih lanjut, saat ini spesimen dari sepuluh jenis maupun anak jenis burung baru tersebut disimpan sebagai koleksi ilmiah Bidang Zoologi, Pusat Penelitian Biologi LIPI.

“Masih banyak hal yg perlu dilakukan, seperti mengkaji populasi, meneliti ekologi atau peri kehidupannya di alam, melihat kondisi habitat, meneliti perannya di alam dan sebagainya,” tutup Prawiradilaga.