Musim Dingin Lebih Hangat, Beruang Mengalami Hibernasi Singkat

By Aditya Driantama H, Kamis, 12 Maret 2020 | 18:48 WIB
Ilustrasi beruang cokelat. (Difa Restiasari)

Nationalgeographic.co.id - Ahli zoologi melakukan pengamatan terhadap beruang di seluruh dunia. Hasilnya menunjukkan bahwa beruang mengalami hibernasi yang lebih cepat dari biasanya. Ini disebabkan oleh musim dingin yang menghangat. 

Seperti yang diketahui, hibernasi merupakan ‘kegiatan’ rutin pada beruang. Tidur panjang ini mereka lakukan guna menghemat energi, terutama selama musim dingin ketika terjadi kelangkaan makanan.

Pada dasarnya, selama proses tersebut, metabolisme dalam tubuh termasuk pernapasan, detak jantung, dan aktivitas fisik mereka melambat. Dengan begitu, beruang mampu menghemat cadangan lemak yang ada pada tubuhnya. 

Hibernasi dapat terjadi selama beberapa minggu, tergantung dari spesies, suhu sekitar, dan waktu. Namun, hibernasi biasanya berakhir ketika musim semi tiba, ketika makanan kembali melimpah.

Baca Juga: Peneliti: 3,2 Miliar Tahun yang Lalu Bumi Kemungkinan Hanya Berisi Air

Di Rusia, tim dari Kebun Binatang Moskow menyatakan bahwa dua beruang Himalaya dan satu beruang coklat Kamchatka yang ada di sana, bangun empat minggu lebih awal dari tahun sebelumnya. Beruang coklat Kamchatka dan beruang Himalaya biasanya bangun pada akhir April atau Mei, tapi sekarang mereka bangun pada akhir Maret.

Dilansir dari IFL Science dan The Moscow Times, CEO Kebun Binatang Moskow, Svetlana Akulova mengatakan fenomena ini terjadi karena musim dingin yang tidak normal. 

Tidak hanya di Moskow, di selatan Rusia, tepatnya di Kebun Binatang Voronezh juga terlihat hal yang sama. Beruang mereka sudah beraktivitas layaknya seperti saat musim semi.

Ini bukan pertama kalinya terjadi perilaku hibernasi yang menyimpang di Rusia. Pada 2019, musim dingin yang hangat ini  bahkan membuat beruang coklat di Siberia tidak pernah hibernasi. Efek yang sama terlihat juga pada ratusan beruang di cagar alam Rusia Selatan selama musim dingin 2018. 

Baca Juga: Krustasea Baru Ditemukan, Namanya Diambil Dari Grup Band Metallica

Di bagian lain di Eropa, tiga beruang coklat Eropa di ZSL Whipsnade Zoo, Inggris, telah beraktivitas secara singkat pada Februari kemarin setelah memulai hibernasinya pada November.

Penjaga beruang di Whipsnade Zoo, Felicity Ball, mengatakan, mereka menikmati sinar matahari di Februari selama 20 menit dan setelah itu kembali ke sarangnya untuk tidur lagi. Tampaknya mereka belum siap untuk bangun sepenuhnya.

Ketika beruang bangun dari hibernasi, biasanya mereka selalu semangat untuk beraktivitas kembali. Namun, apa yang terjadi pada beruang di Whipsnade Zoo menunjukan bahwa mereka secara fisik memang belum siap bangun dan kekurangan waktu hibernasi.