Pedang Kuno Turki Berusia Ribuan Tahun Ditemukan di Biara Venesia

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Jumat, 27 Maret 2020 | 14:21 WIB
Pedang yang berasal dari 3000 SM yang ditemukan di Venesia. (Ca'Foscari University of Venice)

Nationalgeographic.co.id - Para arkeolog baru-baru ini menemukan peninggalan Turki kuno di sekitar biara di pulau kecil sekitar Venesia, Italia. Penemuan ini dianggap sangat misterius oleh para peneliti.

Pedang kuno ini diperkirakan berasal dari Anatolia, Turki. Namun, ia ditemukan di biara San Lazzaro degli Armeni, sebuah pulau kecil di tepi laguna Venesia, pada November 2017 lalu.

“Pedang itu tidak hanya menyerupai senjata paling kuno di dunia, tetapi juga sepertinya ditempa sekitar waktu yang sama, sekitar tahun 3000 SM,” kata Vittoria Dall’Armellina, arkeolog dari Ca' Foscari University of Venice yang menemukan pedang tersebut. 

“Sepertinya ia satu zaman dengan peradaban Arslantepe dan Siva," imbuhnya. 

Baca Juga: Robot Ikan, Remis, dan Bunga Bakung Bantu Pantau Kualitas Air di Venesia

Vittoria Dall'Armellina (kanan) menunjukan pedang penemuannya (Ca'Foscari University of Venice)

Berdasarkan dokumen sumbangan dengan bahasa Armenia yang diterima pihak biara, diketahui bahwa pedang tersebut ditemukan pertama kali di Kavak, Turki.

Bagi Dall’Armellina, penemuan semakin mengejutkan ketika ia mengetahui bahwa senjata yang terbuat dari tembaga arsenik dan dipadu dengan tembaga ini berasal dari 5000 tahun lalu.

Baca Juga: Inilah Hasil Rekonstruksi Wajah Ava, Wanita dari Zaman Perunggu

Elena Rova, arkeolog dari Ca’ Foscari University mengungkapkan bahwa pedang dari zaman tersebut umumnya dimiliki oleh para penguasa setempat yang dikubur bersama jenazah.

“Mereka ingin menekankan status mereka sebagai pejuang, dan pedang adalah salah satu simbolnya,” terang Rova.