Pertama Kalinya, Macan Kumbang Florida Terekam Sedang Berebut Wilayah

By Fikri Muhammad, Jumat, 17 April 2020 | 10:20 WIB
Panther Florida jantan di Babcock Ranch State Preserve. Pejantan memiliki wilayah jelajah hingga 200 mil persegi dan akan mempertahankan wilayahnya melawan pejantan lain dalam pertarungan mematikan. (Carlton Ward, JR.)

Nationalgeographic.co.id - Untuk pertama kalinya, terlihat dua macan kumbang Florida yang sedang berkelahi untuk memperebutkan wilayah di Florida Selatan.

Ini terjadi kala Andres Pis sedang bersembunyi di tirai saat berburu kalkun bersama putranya. Suatu ketika, ia melihat gerakan dari sebelah kanannya. Benar saja, ia melihat seekor pejantan macan kumbang Florida muda. Pin pun merekam dengan kamera telepon pintarnya.

Namun, sekeketika macan kumbang Folrida yang lebih tua datang menghampiri pejantan muda itu “muncul entah dari mana dan menabraknya seperti kereta barang,” kenang Pis dilansir dari laman National Geographic (13/04/2020).

Baca Juga: Burung Flamingo Memiliki Persahabatan yang Erat Selama Bertahun-tahun

Yang terjadi setelahnya adalah pertempuran ganas. Pejantan yang lebih tua tampak berada di atas angin. Setelah bergulat hampir satu menit, pejantan muda itu lari. Pis berpikir kemungkinan besar pejantan yang lebih tua itu kemudian membunuh si pejantan muda.

Pis yang merupakan seorang pemandu berburu dan pengelola lahan, mencatat insiden itu pada 31 Maret di tanah pribadi yang letaknya sebelah barat daya Danau Okeechobee, dekat Clewiston.

Dia memposting rekaman ke halaman Facebook yang dia jalankan bersama dengan Mike Elfenbein, The Panthers of South Florida, di mana keduanya secara teratur mengunggah foto dan video pertemuan dengan macan. 

Rekaman itu menunjukkan fenomena yang disebut agresi intraspesifik, di mana dua harimau kumbang berjuang untuk kontrol atas wilayah bahkan sampai mati.

Perkelahian semacam ini adalah penyebab kematian kedua yang terdepan bagi macan kumbang Florida, sebagai subspesies terancam punah yang terdaftar secara federal.

"Saya belum pernah melihat rekaman seperti ini sebelumnya, dan itu membantu kami memvisualisasikan apa yang terjadi dalam pertemuan yang agresif," kata Darrell Land, pemimpin tim macan kumbang Florida dari Komisi Konservasi Ikan dan Satwa Liar negara bagian.

"Macan kumbang yang lebih besar tampaknya mendominasi, tetapi yang lebih kecil memberikan perlawanan yang cukup besar," imbuhnya.

Baca Juga: 8 Tahun di Penjara, Ko Bo Kyi Beri Tips untuk Bertahan Selama Isolasi

Macan kumbang Florida Panther diambil pada Desember 2016 di Spirit of the Wild Wildlife Management Area di Florida (William Freund)

Sementara itu, David Shindle, koordinator macan kumbang untuk A.S. Fish and Wildlife Service, mengatakan melalui e-mail pada National Geographic bahwa pertempuran panther ini di tanah pribadi yang terbuka ini memberikan kesan terhadap sifat binatang buas dari ikon macan Florida itu.

“Karena itu tidak hanya memberikan pandangan sekilas tentang sifat binatang buas Florida yang ikonik, tetapi juga mencontohkan kekaguman dan rasa hormat dari para pemburu di Florida," ucapnya.