Gurita Terdalam di Dunia Tertangkap Kamera di Lautan Samudra Hindia

By Fikri Muhammad, Jumat, 29 Mei 2020 | 14:40 WIB
Gurita mendekati umpan (A. Jamieson)

Nationalgeographic.co.id - Penampakan gurita terdalam tertangkap kamera di dasar lautan Samudra Hindia, tepatnya di Palung Jawa.

Para peneliti, yang melaporkan penemuan ini di jurnal Marine Biology, mengungkapkan bahwa itu adalah spesies gurita "Dumbo" dari keluarga Grimpoteuthis.

Mereka terlihat seperti tokoh kartun Disney tahun 1940-an bernama Dumbo karena siripnya mirip telinga gajah Dumbo yang menonjol tepat di atas matanya.

Baca Juga: Aligator yang Selamat dari Perang Dunia II Mati di Usia 84 Tahun

BBC melaporkan bahwa ilmuwan di balik penelitian ini adalah Alan Jamieson yang memelopori eksplorasi laut dalam menggunakan sebuah "pendarat".

Pendarat ini adalah bingkai instrumen yang jatuh ke laut dari kapal penelitian. Mereka menetap di dasar laut dan mencatat apa yang lewat di sekitarnya. 

Dr. Jamieson ()

Baca Juga: ‘Api Zombie’ dari Tahun Lalu Berpotensi Timbulkan Kebakaran di Arktika

Pendarat yang digunakan Jamieson berhasil merekam dua gurita--satu berada 5.760 m di bawah permukaan laut dan yang kedua 6.957 m. Masing-masing gurita memiliki panjang 43 cm dan 35 cm.

Penampakan gurita yang baru terlihat ini merupakan yang terdalam. Sebelumnya, gurita yang ditemukan berada di kedalaman 5.145 m.