Penemuan Menarik, Satu Sendok Teh Tanah Di Amazon Mengandung 400 Jamur

By Fikri Muhammad, Rabu, 1 Juli 2020 | 09:06 WIB
Jamur di tanah hutan hujan ()

Nationalgeographic.co.id - Satu sendok teh tanah di Amazon mengandung 1.800 bentuk kehidupan mikroskopis--400 di antaranya merupakan jamur.

Secara mengejutkan, jamur berlimpah di tanah hutan Amazon. Padahal, sebagian besar dari total 3,8 juta jamur di dunia belum diklasifikasikan secara resmi.

Baca Juga: Pengasaman Laut Arktika Semakin Buruk dan Mengancam Rantai Makanan

Untuk membantu melindungi hutan hujan Amazon, yang terancam hilang dengan laju yang semakin cepat, penting untuk memahami peran jamur, kata tim peneliti yang dipimpin oleh Prof Alexandre Antonelli, direktur ilmu pengetahuan di Royal Botanic Gardens, Kew pada laman BBC.

"Ambil satu sendok teh tanah dan Anda akan menemukan ratusan atau ribuan spesies," katanya. "Jamur adalah perbatasan berikutnya dari ilmu keanekaragaman hayati."

Untuk mengetahui tentang tanah dari hutan hujan Amazon, para peneliti mengumpulkan sampel tanah dan serasah daun dari empat daerah.

Baca Juga: MiripJoker, Nama Spesies Laba-laba Terbaru Diambil dari Joaquin Phoenix

Analisis genetik mengungkapkan ratusan jamur yang berbeda, termasuk lumut, jamur yang hidup di akar tanaman, dan jamur patogen, yang sebagian besar tidak diketahui atau sangat langka. Sebagian besar spesies belum diberi nama dan diselidiki.

Daerah padang rumput alami terbuka, yang dikenal sebagai campinas menjadi habitat terkaya untuk jamur. Mereka dapat membantu tanah untuk mengambil nutrisi lebih banyak.