Berapa Banyak Manusia yang Dibutuhkan Agar Bisa Bertahan Hidup di Mars?

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 10 Juli 2020 | 13:30 WIB
ilustrasi tanah Mars (Sylphe_7)

Nationalgeographic.co.id – Dalam realita, perlu berapa banyak orang agar bisa bertahan hidup di Mars? Menurut model matematika terbaru, jumlah minimalnya 110 individu.

Dilansir dari IFL Science, Jean-Marc Salotti, profesor dari Bordeaux Institut National Polytechnique (INP), mengambil asumsi dan membuat skenario mengenai kemungkinan menetap di planet lain, dilihat dari tingkat kuantitatif.

Baca Juga: Pemandangan Menakjubkan Korolev, Kawah Beku di Planet Mars

Untuk melakukan hal tersebut, Salotti pertama-tama memulainya dengan pernyataan sederhana: bahwa untuk bertahan hidup, waktu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari harus kurang dari kapasitas kerja masing-masing individu.

Dengan mempertimbangkan produktivitas penduduk yang berbeda usia, serta memberikan waktu untuk tidur, makan, bersih-bersih, dan istirahat, maka kapasitas kerja tahunan diperkirakan 31,25% dari waktu hidup.

Salotti mengidentifikasi lima area kunci yang harus difokuskan manusia dalam kehidupan, yaitu manajemen ekosistem (memastikan persediaan makanan dan air serta merawat lingkungan yang bisa ditinggali), produksi energi (untuk menghasilkan listrik dan gas kendaraan), industri (mencakup tahap pembuatan objek mulai dari penambangan hingga alat produksi), bangunan (konstruksi dan perawatan gedung), dan aktivitas sosial (dari merawat anak hingga mendapatkan hiburan).

"Jika setiap pemukim di Mars benar-benar terisolasi dan tidak ada pembagian yang memungkinkan, nantinya setiap individu harus melakukan semua kegiatan," tulis Salotti dalam studi yang diterbitkan dalam Scientific Reports.

“Dengan lebih banyak orang, memungkinkan aktivitas menjadi lebih efisien melalui spesialisasi dan untuk mengimplementasikan industri lain,” imbuhnya.

Untuk beberapa aktivitas seperti manajemen air, faktor berbaginya sangat tinggi karena memberikan manfaat bagi banyak orang. Sementara untuk bidang agrikultur, faktor kerja sama sangat rendah. Sebab, jumlah makanan yang banyak berarti membutuhkan lebih banyak pula tenaga kerja.

Baca Juga: NASA Rilis Timelapse Matahari Hasil Pengamatan Selama Sepuluh Tahun

Menggabungkan “faktor berbagi pekerjaan” dengan rencana bertahan hidup di Mars yang sebelumnya dirumuskan pada kontes yang diselenggarakan oleh Mars Society, Salotti dapat menghitung jumlah minimum orang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan hidup di Mars—110 adalah angka ajaib.

Tentu saja ini bukan ilmu pasti, ada juga beberapa asumsi lain. Namun, menurut Salotti, angka tersebut merupakan penilaian kuantitatif pertama.

“Metode kami memungkinkan perbandingan simpel, membuka perdebatan mengenai strategi bertahan hidup dan tempat terbaik agar bisa sukses hidup di Mars,” pungkasnya.