Proyek 'Membiakkan dan Melepaskan' Selamatkan Kucing Liar Skotlandia

By Fikri Muhammad, Sabtu, 22 Agustus 2020 | 10:42 WIB
Konservasi memperingatkan bahwa kucing liar Skotlandia berada di ambang kepunahan di alam liar ()

Nationalgeographic.co.id - Proyek 'membiakkan dan melepaskan' dilakukan oleh tempat penangkaran kucing liar Skotlandia yang siap dilepaskan ke Cairngorms, salah satu benteng terakhir untuk spesies tersebut. 

Proyek ini melibatkan sejumlah organisasi, termasuk Cairngorms National Park Authority and Forestry and Land Scotland. Hal ini merupakan lanjutan dari pekerjaan yang sudah dilakukan oleh Scottish Wildcat Action Initiative. Dalam jangka panjang, kucing dapat dilepaskan di lokasi Skotlandia lainnya.

Baca Juga: Menjaga Habitat, Cara Terbaik Lindungi Orangutan dari Kepunahan

Menurut BBC, pusat baru akan didirikan di Royal Zoological Society of Scotland's Highland Wildlife Park dekat Aviemore. Para konservasionis telah memperingatkan bahwa spesies tersebut di ambang kepunahan.

Penyakit dan hilangnya habitat telah mengurangi jumlah mereka. Oleh sebab itu, proyek ini juga akan menyiapkan "ahli kucing liar dan unit kedokteran hewan khusus".

Sebuah pusat pembiakan akan dibuat di Taman Margasatwa Highland dekat Aviemore di Cairngorms (SCOTTISH WILDCAT ACTION)

Semua kucing liar yang dilepaskan akan dilengkapi dengan kalung GPS sehingga pergerakan dan perilakunya dapat direkam. Proyek ini juga akan berupaya untuk mengatasi masalah di balik penurunan spesies.