Panda Raksasa Mei Xiang Melahirkan Di Kebun Binatang Nasional

By Fikri Muhammad, Rabu, 26 Agustus 2020 | 10:33 WIB
Panda raksasa Mei Xiang, yang baru melahirkan anak pada 21 Agustus, makan bambu di Kebun Binatang Nasional di Washington, D.C. Foto ini diambil pada 2016. (LINDA DAVIDSON)

Nationalgeographic.co.id - Panda betina berusia 22 tahun di Washington DC bernama Mei Xiang, melahirkan seorang anak pada Jumat malam di Kebun Binatang Nasional Smithsonian.

Kelamin anaknya yang lahir pada pukul 18:35 sore waktu Washington DC masih belum diketahui. 

Baca Juga: Es Kutub Terus Mencair, Permukaan Laut Bisa Naik Hingga Satu Meter

Kebun binatang mengatakan perlu beberapa hari untuk melakukan pemeriksaan pascakelahiran. Sementara itu, mereka akan memantau ibu bayi selama dua puluh empat jam selama sepekan.

Panda raksasa Mei Xiang membungkuk di atas bayinya yang baru lahir di foto ini dari kamera panda hidup di kebun binatang. (SMITHSONIAN’S NATIONAL ZOO)

“Panda raksasa adalah simbol internasional dari satwa liar yang terancam punah dan harapan, dan dengan kelahiran anak yang berharga ini, kami sangat senang untuk menawarkan kepada dunia momen kegembiraan murni yang sangat dibutuhkan,” kata Steve Monfort, direktur kebun binatang, di laman National Grographic.

Baca Juga: Hewan-hewan Dicekik Hingga Mati Sebelum Dipersembahkan Kepada Dewa

Bayi panda yang mungil dan buta terkenal rapuh. Kelangsungan hidupnya juga masih jauh dari terjamin.

Meskipun demikian, kelahiran tersebut mengakhiri penantian cemas yang dimulai pada bulan Maret dengan inseminasi buatan.