LIPI Menerbitkan Buku Berseri Tentang Perhitungan Danau di Indonesia

By Fikri Muhammad, Minggu, 13 Desember 2020 | 18:50 WIB
Danau jelita berbungkus kelambu misteri. Cagar Alam Faruhumpenai telah memasok debit air di Danau Matano. Air dari danau ini mengalir ke Danau Mahalona dan Danau Towuti. Keduanya masih satu sistem dengan Danau Matano, yang disebut Sistem Danau Malili. (Pusat Penelitian Arkeologi Nasional)

Nationalgeographic.co.id—Jumlah tetap danau dan distribusinya di Indonesia belum diketahui secara pasti. Berbeda referensi berbeda pula informasinya. 

Saat ini data dan informasi mengenai jumlah danau di Indonesia masih sangat terbatas menurut Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko. Keberlanjutan penelitian akan menambah modifikasi dari riset yang ada. "Keberlanjutan danau juga perlu didukung pendekatan riset integratif dan holistik yang dapat diimpelementasikan dengan berbagai modifikasi," katanya di Webinar LIPI.

Baru-baru ini, LIPI telah menerbitkan buku berseri tentang perhitungan jumlah danau di Indonesia. Okcy Karna Radjasa, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI Mengatakan bahwa tujuan adanya buku ini untuk mendapatkan pemahaman tentang peranan strategis dari ketersediaan data dasar danau-danau di Indonesia.

"Kita juga menyadari konflik kepentingan. Sehingga LIPI memberi peran secara sains terhadap permasalahan yang ada. Berdasarkan latar belakng tersebut 5 seri buku danau ini sebagai interfensi sains," Ocky di acara yang sama. 

Baca Juga: Bangun Kesadaran untuk Lebih Bijak Gunakan Air, Bagaimana Memulainya?

Total keluruhan danau yang telah dihimpun LIPI seluruh Indonesia terdapat 5.807 dengan total luas 586.871,64 hektare. Termasuk 1.022 danau alami, 1.314 buatan, dan 3.471 sisanya tidak teridentifikasi. 

Metodologi yang digunakan untuk mencari danau menurut Aan Dianto, Limnologi LIPI, adalah dengan data citra.

"Metodologi kami menggunakan data citra spot 6 dan 7. Selain itu kia juga menggunakan Citra Landsat-8 OLI yang kita gunakan untuk melihat dinamika danau paparan banjir. Dari data tersebut kita melakukan interpretasi visual menggunakan software AarcGis. Kami melakukan penomoran danau dengan SNI 7657:2010," kata Aan.

Lima seri buku ini diantaranya adalah seri Sumatera, Seri Sumatera, Jawa, dan Bali, Seri Nusa Tenggara, Seri sulawesi, dan Seri Maluku, Papua.