Dunia Menakjubkan yang Tidak Cukup dengan Hanya Mata Telanjang

By Fikri Muhammad, Kamis, 14 Januari 2021 | 09:30 WIB
Pemandangan punggung ikan zebra remaja hidup ini memenangkan hadiah pertama dalam Nikon Small World Photomicrography Competition. Untuk mencapai efek dunia lain, peneliti Daniel Castranova dari National Institutes of Health, dibantu oleh kolega Bakary Samasa, menandai pembuluh limfatik (oranye) dan sisik ikan (biru) dengan protein fluoresen dan menyatukan lebih dari 350 kerangka individu. (Nikon Small World Photomicrography Competition)

Nationalgeographic.co.id—Peneliti Daniel Castranova membawa dunia mikroskopis ke dalam fokus. Harapanya mengungkap detail yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dia memiliki ikan zebra remaja yang masih hidup yang jeli di bawah lensa. Gambar itu memperlihatkan pembuluh limfatik di tengkorak yang mirip dengan mamalia dan manusia. 

Pada kesempatan itu, Castranova memenangkan Nikon Small World Photomicrography Competition yang ke-46. Kompetisi ini menghasilkan ribuan entri di seluruh dunia pada 2020. Berikut daftar pemenang dengan tampilan foto yang indah pada laman National Geographic.

Fotografer Jerman Daniel Knop menyusun lima gambar embrio ikan badut untuk mengilustrasikan tahapan perkembangannya — dari beberapa jam setelah pembuahan hingga beberapa jam sebelum menetas. (Daniel Knop/Nikon Small World)

Kumpulan sisir pelangi ini sebenarnya adalah permukaan lidah siput air tawar, atau radula, yang ditutupi gigi-gigi kecil yang digunakan untuk mengiris makanan hingga mencapai ukuran yang dapat dicerna. Foto tersebut diambil oleh Igor Siwanowicz di Howard Hughes Medical Institute. (IGOR SIWANOWICZ/NIkon Small World)

Kebanyakan ngengat memiliki mata yang dilapisi struktur nano yang menghisap cahaya dan mencegah refleksi, yang membuat mereka menjadi migrator diam-diam. Diambil oleh fotografer Indonesia Ahmad Fauzan, gambar tersebut menunjukkan salah satu bola optik gelap pada ngengat bogong serta kepalanya yang berbulu dan belalai yang melengkung. (Ahmad Fauzan/Nikon Small World)

Fotografer Austria Robert Viethaler menyusun gambar untuk menggambarkan satu helai rambut manusia, diikat menjadi simpul. (ROBERT VIERTHALER/Nikon Small World)

Kumbang penggulung daun, dilindungi oleh cangkang bertekstur dan reflektif, memanjat tanaman dalam hasil ini dari fotografer Turki Ozgur Kerem Bulur. (ÖZGÜR KEREM BULUR/Nikon Small World)