Temuan Fosil Stegodon trigonocephalus di Sumedang Siap Direkonstruksi

By Utomo Priyambodo, Selasa, 2 Februari 2021 | 12:30 WIB
Bagian fosil Stegodon trigonocephalus yang ditemukan di Sumedang, Jawa Barat. (Tim Laboratorium Paleontologi Institut Teknologi Bandung)

Nationalgeographic.co.id—Tim peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan penemuan fosil Stegodon, gajah purba raksasa, di wilayah Sumedang, Jawa Barat, sudah semakin lengkap. Sebelumnya, temuan sepasang gading dari gajah purba raksasa itu sempat menghebohkan publik tanah air pada akhir tahun 2018 lalu ketika diumumkan secara resmi oleh pihak ITB.

Saat ini para peneliti sudah menemukan hampir semua bagian fosil dari tubuh Stegodon itu. Tidak hanya dua gadingnya, tapi juga bagian-bagian tubuh lain yang hampir lengkap.

“Boleh dikatakan 85 persen dari rangka Stegodon itu sudah ditemukan. Baik tulang pinggul, tulang belakang, rusuk, bagian kepala, bahkan sampai jari-jarinya sudah kami dapatkan," kata Jahdi Zaim, Guru Besar Geologi ITB yang memimpin tim penelitian tersebut, saat dihubungi National Geographic Indonesia pada awal 2021. Menurut Zaim, bagian-bagian yang sudah ditemukan ini sudah dapat menggambarkan bentuk tubuh Stegodon tersebut secara keseluruhan.

“Yang belum ditemukan adalah potongan-potongan tulang seperti rusuk. Rusuk itu kan jumlah lengkapnya sekitar 20-23 buah untuk satu sisi. Yang kami temukan itu total ada 27. Berarti masih kurang beberapa. Kemudian tulang punggung itu kan harusnya berapa ruas sampai lengkap, itu kami tidak lengkap. Tetapi untuk itu bisa kami rekonstruksi dengan menggunakan material lain. Begitu juga ekor. Ruas tulang ekor kan panjang, yang kami temukan ada beberapa. Jadi bisa kami rekonstruksi.”

Penemuan bagian fosil Stegodon di Sumedang oleh tim peneliti ITB pada 2018. (Institut Teknologi Bandung)

Peneliti senior yang kini menjabat sebagai Kepala Laboratorium Paleontologi ITB itu menjelaskan bahwa penggalian dan pengangkatan bagian-bagian fosil Stegodon dikerjakan dalam beberapa tahap atau kunjungan sejak tahun 2018. Pertama pada April 2018 dan September 2019, terakhir pada Agustus 2020 untuk pendataan geologi yang lebih rinci. Meski digali dalam beberapa kali kunjungan, tim peneliti meyakini bagian-bagian fosil itu merupakan milik dari individu Stegodon yang sama karena lokasi tempat penemuannya sama.

“Lokasi tepatnya sebenarnya ada di wilayah Sumedang, Jawa Barat. Di perbatasan antara Sumedang dan Majalengka. Tetapi karena kami lebih familiar dengan Majalengka dan lokasi itu lebih dekat dengan kota Majalengka, jadi sebelumnya kami mengatakan bahwa fosil itu ditemukan di Majalengka,” papar Zaim. Lokasi penemuan itu berada di sebuah sungai yang dikelilingi oleh kebun-kebun.

Zaim mengatakan timnya kini sedang menunggu hasil rekonstruksi dari Museum Geologi Bandung serta hasil analisis kuantitatif dari laboratorium luar negeri mengenai umur fosil Stegodon tersebut. Rencananya, setelah rekonstruksi atas bagian-bagian fosil itu selesai dilakukan, fosil utuh Stegodon tersebut akan ditampilkan atau dipamerkan di ITB.  

Adapun bila analisis kuantitatif terkait umur fosil itu telah rampung, tim riset Zaim akan segera mengirimkan laporan lengkap hasil penelitian mereka ke jurnal internasional. “Kami sudah melakukan analisis kualitatif. Materinya sudah siap. Hanya tinggal menunggu hasil analisis kuantitatif melalui metode penanggalan radiometrik itu.”

Baca Juga: Fosil Mengungkapkan Tidak Semua Hewan Bertaring Tajam Adalah Pemangsa

Situs lokasi penggalian fosil Stegodon di Sumedang. (Institut Teknologi Bandung)

Penanggalan radiometrik adalah teknik yang digunakan untuk mengetahui usia pada berbagai benda, yang biasanya didasarkan pada perbandingan antara banyaknya isotop radioaktif alami yang ada dengan produk-produk hasil peluruhannya, dengan menggunakan tingkat peluruhan yang telah diketahui.