Video: Menjelajahi Misool, Mutiara Eksotis di Kepulauan Raja Ampat

By Utomo Priyambodo, Kamis, 4 Maret 2021 | 17:00 WIB
Mengabadikan momen di bukit Karawapop, Misool (MARTI KARINA P.S)

Nationalgeographic.co.id—Belum sah ke Raja Ampat bila belum menginjakkan kaki di Misool, Papua Barat. Keindahan panorama Raja Ampat sudah mendunia, dan Pulau Wayag telah menjadi ikon pariwisata bagi Kepulauan Raja Ampat. Namun ada satu tempat lain di Papua Barat yang tak kalah eksotisnya, yakni Pulau Misool.

Pulau Misool menyuguhkan pesona lanskap daratan dan bawah laut yang begitu indah. Untuk mencapai lokasi ini diperlukan waktu 4 jam perjalanan dari Sorong.

Ada banyak titik destinasi menarik di Misool, antara lain Goa Keramat, Goa Tengkorak, Telapak Tangan Sumbayo, Puncak Harfat, Yapap, Danau Ubur-Ubur, Pantai Namlol, Puncak Balbulol, dan yang paling eksotik adalah Danau Karawapop atau yang dikenal sebagai Telaga Love.

Danau Karawapop disebut sebagai Telaga Love, Love Lagoon, atau Danau Cinta karena bentuk danau ini sangat mirip dengan hati. Panorama yang mempesona dari danau ini dapat pelancong lihat dari atas ketinggian pulau. Untuk mencapai bukit guna mendapatkan pemandangan terbaik dari Danau Cinta, pelancong perlu menyiapkan stamina untuk mendakinya.

Baca Juga: Video: Menjelajahi Misteri Liang-Liang Leluhur di Kalimantan Timur

Pulau Misool sendiri merupakan satu dari empat pulau terbesar di Kepulauan Raja Ampat. Karena pesona alam bawah lautnya benar-benar memukau, tak heran bila Misool disebut-sebut sebagai salah satu spot diving terbaik dunia.

Misool yang berbatasan langsung dengan Laut Seram dan perairan laut lepas menjadi jalur lintas hewan besar termasuk paus. Terdapat juga 755 jenis ikan hias, termasuk penyu, pari, dan biota laut lainnya serta karang yang beraneka ragam. Ekosistem bawah laut yang masih lengkap tersebut bakal memanjakan setiap pasang mata yang sedang menyelami keindahan bahari Misool.