Video: Menikmati Wisata Air Situ Jatijajar di Taman Kaldera Depok

By Utomo Priyambodo, Kamis, 4 Maret 2021 | 14:00 WIB
Berkayak di Taman kaldera Depok. (National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—Mungkin belum banyak yang tahu bahwa pengalaman berwisata air dengan menggunakan kayak dan kano bisa kita dapatkan di Kota Depok, pinggiran Jakarta. Taman Kaldera di Depok, Jawa Barat, menghadirkan ragam aktivitas air, edukasi konservasi budaya, hingga kelas kebun urban di sekitar Situ Jatijajar.

Penggiat alam bebas Eko Binarso bersama kedua adiknya menjadikan Taman Kaldera ini tempat wisata air, olahraga air, belajar budaya, hingga aktivitas berkebun. Tempat ini dibangun sejak tahun 2017. Taman Kaldera sendiri merupakan taman halaman dan rumah tempat tinggal Eko bersama kedua orang tuanya yang telah disulap menjadi tempat wisata.

Baca Juga: Video: Menapaki Maghilewa, Desat Adat Indah di Gunung Inerie Flores

Bersama kawan-kawan komunitas, karang taruna, dan warga setempat, secara khusus Eko membangun tempat ini agar bisa menjadi tempat aktivitas olahraga air. Taman Kaldera ini kini menjadi tempat bagi teman-teman komunitas olahraga air dan pemuda-pemuda sekitar untuk berkegiatan.

Taman Kaldera ini membantu warga sekitar untuk bisa menikmati danau dengan cara yang berbeda. Di Taman Kaldera, Situ Jatijajar tidak hanya bisa dinikmati dengan cara dipandang, tapi juga bisa dinikmati sebagai wahana olahraga air seperti berkayak dan berkano. Kelak, bukan tidak mungkin atlet-atlet olahraga air nasional berasal dari tempat ini.