Sokushinbutsu, Ritual Biksu Jepang Mengubah Dirinya Menjadi Mumi

By Utomo Priyambodo, Minggu, 21 Maret 2021 | 15:00 WIB
Sokushinbutsu, Ritual Biksu Jepang Mengubah Dirinya Menjadi Mumi (Ist/Tribunnews)

Nationalgeographic.co.id—Ada sebuah praktik unik yang dilakukan oleh biksu-biksu di Jepang, yakni mengubah tubuh mereka menjadi mumi alias mumifikasi diri. Praktik yang disebut sebagai sokushinbutsu ini dipelopori oleh seorang pendeta Jepang bernama Kukai dan telah berlangsung selama 1.000 tahun lebih. Tubuh biksu yang berhasil melalui praktik ritual ini secara anumerta akan ditempatkan di sebuah kuil untuk dilihat dan dihormati orang-orang lain.

Dikutip dari Ancient Origins, Kukai (774 - 835 Masehi) sang pelopor sokushinbutsu adalah seorang biksu Jepang, pegawai negeri, sarjana, penyair, seniman, dan pendiri sekte esoterik yang dikenal sebagai Shingon. Sekte ini menggabungkan unsur-unsur dari Buddhisme, Shinto Kuno, Taoisme, dan agama lain.

Kukai dan para pengikutnya mempraktikkan Shugendo, sebuah filosofi yang didasarkan pada pencapaian kekuatan spiritual melalui disiplin dan penyangkalan diri. Menjelang akhir hidupnya, Kukai melakukan meditasi mendalam dan menolak semua makanan dan air, yang akhirnya menyebabkan ia meninggal.