Ikan-Ikan Raksasa

By , Rabu, 27 Juli 2016 | 14:47 WIB

Pada 2013, para ahli biologi tercengang  ketika mendapati seekor ikan mas koki berpostur 40 sentimeter dari Danau Tahoe. Ikan hias yang dibuang oleh pemiliknya itu telah beranak pinak dan tumbuh sangat besar. Karena di danau tersebut tersedia makanan berlimpah dan sedikit saingan, “kelak mungkin kita akan melihat ikan mas koki yang lebih besar di Tahoe,” kata Sudeep Chandra, seorang peneliti ekosistem perairan di Universitas Nevada, Reno.

Rahasia pertumbuhan ikan raksasa ini adalah waktu. Tak seperti manusia, yang berhenti tumbuh setelah masa pubertas, banyak ikan terus tumbuh selama mereka hidup. Seekor ikan sturgeon danau, misalnya, dapat hidup lebih dari seratus tahun dan tumbuh hingga melampaui dua setengah meter. Namun penangkapan  secara berlebihan membuat hidup ikan lebih singkat. Sebagai hasilnya, “dunia kehilangan ikan-ikan besarnya,” ungkap ahli biologi ikan Zeb Hogan.

Di beberapa tempat yang membatasi aktivitas memancing, muncul rekor-rekor ukuran baru.  “Apa yang kelihatannya seperti ‘cerita ikan’ di masa lalu sekarang tampaknya dapat dipercaya,” kata Hogan, pembawa acara televisi Monster Fish di Nat Geo WILD. Ikan-ikan ini butuh waktu 30 sampai 40 tahun untuk mencapai ukuran raksasa, ia berkata: “Anda berhenti memancing setahun, bukan lantas Anda bakal melihat ikan raksasa di tahun berikutnya.”

Saat ikan mas koki terus tumbuh di Danau Tahoe, Chandra berupaya mendokumentasikan bagaimana mereka mengubah ekosistem. Dalam tahap perencanaan: miniatur ikan robot yang diam-diam mengamati para raksasa tersebut. 

Ikan alligator gar (Atractosteus spatula)

Seekor alligator gar yang ditangkap untuk tujuan komersial berukuran satu meter dan berat 16 kilogram. Namun, pada 2011, ada rekor baru, sekitar 2,5 meter, 148 kilogram, berumur 94 tahun.

Ikan Mas (Carassius auratus)

Mitos mengatakan ikan mas koki tak bisa tumbuh besar di  akuarium kecil. Kenyataannya, banyak ikan dibuang justru ketika mereka membesar di akuarium. Ikan mas koki terbesar yang dilaporkan Guinness World Records adalah sepanjang 47,5 sentimeter.

Ikan goliath grouper (Epinephelus itajara)

Karena ditangkap secara berlebihan selama beberapa dekade di lepas pantai Florida, ikan ini tak sempat tumbuh besar. Hari ini, berkat undang-undang perlin­dungan yang diberlakukan pada 1990-an, raksasa itu kembali—beratnya sekitar  270 kilogram.

Ikan sturgeon danau (Acipenser fulvescens)

Ikan sturgeon besar pernah menjadi hasil tangkapan sampingan di Great Lakes, di sana para nelayan menumpuk mereka seperti kayu bakar. Namun, populasinya menurun drastis karena hilang habitatnya, polusi, dan spesies kaviar.